Home > Olahraga

Kontroversi Naturalisasi Pemain Timnas Sepak Bola yang Belum Khatam

Peter Gontha menulis delapan poin pertanyaan, yang mempertanyakan tentang pemain naturalisasi dalam timnas Indonesia saat ini.

Unggahan Peter Gontha di media sosial tentang pemain naturalisasi timnas Indonesia. (FOTO: Tangkapan Layar IG Peter Gontha)
Unggahan Peter Gontha di media sosial tentang pemain naturalisasi timnas Indonesia. (FOTO: Tangkapan Layar IG Peter Gontha)

Unggahan tersebut lantas mendapat banyak komentar dari netizen. Sempat ada interaksi Peter Gontha dengan netizen atau warganet pada kolom komentar, sebelum kolom komentar unggahan itu ditutup pemilik akun.

Komentar terhadap unggahan Peter Gontha tersebut beragam. Ada yang menulis dengan memberi contoh negara di Eropa yang prestasinya mentereng banyak menggunakan pemain naturalisasi sampai pemain yang berasal dari imigran. Kemudian ada yang menulis, negara tetanggan juga melakukan naturalisasi dengan pemain yang sama sekali tidak memiliki kaitan atau ikatan darah dengan negara barunya.

Menurut Netizen, berbeda dengan pemain naturalisasi Indonesia memiliki memiliki kaitan atau ikatan darah dengan negara barunya Indonesia yang berasal dari silsilah keluarga dari orang tua atau kakek dan neneknya, juga ada orang tuanya yang lahir di Indonesia.

Netizen menulis, Thom Haye neneknya berasal dari Sulawesi Utara, Jordy Amat neneknya keturunan raja Kerajaan Siau di Kepulauan Sitaro. Shayne Pattinama ayahnya dari Ambon, Calvin Verdonk ayahnya lahir di Meulaboh, Aceh, Jay Idzes kakeknya lahir di Semarang. Rafael William Struick neneknya dari pihak lahir di Semarang dan ibunya memiliki darah Jawa yang keluarganya tinggal di Suriname, dan seterusnya. Mereka yang pro naturalisasi pemain timnas menyatakan, pemain diaspora itu mereka itu punya darah Indonesia.

FIFA Naturalisasi

Naturalisasi dalam olah raga khususnya cabang sepak bola bukan hal baru. Jika mau membalik sejarah sepak bola dunia, khususnya sepak bola di negara-negara benua Eropa, naturalisasi pemain untuk bergabung dalam timnas sebuah negara sudah terjadi sejak lama.

Italia pada Piala Dunia 1934 ada pemain naturalisasi yang berasal dari negara di kawasan Amerika Latin yang bermain pada kompetisi di Italia saat itu. Selain itu naturalisasi bisa berjalan karena Italia dan negara Amerika Latin seperti Argentina menganut dual nationality atau dwi kewarganegaran, jadi kewarganegaraan asal mereka tidak hilang.

Kemudian ada naturalisai dengan pindah kewarganegaraan seperti dialami pemain Ferenc Puskas, pindah dari warga negara Hongaria ke warga negara Spanyol. FIFA sebagai organisasi sepak bola di jagat bumi yang membawahi asosiasi sepak bola negara-negara anggotanya juga mengatur proses naturalisasi pemain sepak bola.

× Image