Home > Teknologi

Perjuangan Agus Harizal Kelola Podcast dan Sejarahnya

Untuk mengakses podcast tersedia pada beragam platform, ada Spotify, YouTube, Anchor, Google Podcasts, dan Apple Podcasts.

Podcast Lensa SN (Tangkapan layar).
Podcast Lensa SN (Tangkapan layar).

Selanjutnya tahapan menentukan durasi dari tiap-tiap episode yang dibawakan. Durasi dalam suatu program podcast terbilang penting karena harus menyesuaikan bagaimana kenyamanan dari pendengar/ penonton untuk tiap tiap episode. Baik dalam format audio atau video, durasi yang terlalu panjang dapat membuat pembicaraan menjadi membosankan, serta dapat membuat pendengar bosan.

Juga harus diperhatikan dengan durasi yang lebih pendek juga terdapat kemungkinan informasi yang disampaikan tidak mencakup semuanya, hal ini dapat menimbulkan disinformasi.

Juga tidak boleh dilupakan, tahapan menyusun format penulisan script dari tiap-tiap episode. Banyak konten kreator, pengelola podcast atau podcaster tidak tahu dengan tahapan ini, dijumpai ada sebuah produksi podcast tanpa ada script sebagai panduan.

Geoghegan dan Klass mengingatkan, podcaster diwajibkan untuk menyusun format yang akan dibawakan. Tantangan bagi seorang podcaster adalah bagaimana untuk memulai dan mengakhiri sesi podcast tersebut. Tentu jangan lupa backsound instrumen atau musik untuk bridging podcast. Pada tahapan ini patut diperhatikan hak cipta dari musik atau instrumen yang digunakan. Cari instrumen yang tidak berbayar atau bebas dari hak cipta.

Setiap podcast yang menarik memiliki bridging untuk membuka tiap-tiap episode serta menutup episodenya. Durasi dari bridging biasanya berkisar 15 hingga 20 detik.

Artikel ini tidak masuk untuk membahas bagaimana menjaring pendengar atau penikmat kanal podcast, seperti tentang algoritma, seo (Search Engine Optimization) dan konvergensi media. Podcast sebagai salah satu platform media sosial bergantung pada algoritma dan seo. (maspril aries)

× Image