Home > Teknologi

Perjuangan Agus Harizal Kelola Podcast dan Sejarahnya

Untuk mengakses podcast tersedia pada beragam platform, ada Spotify, YouTube, Anchor, Google Podcasts, dan Apple Podcasts.

Tamu podcast Lensa SN. (FOTO: Tankapan layar)
Tamu podcast Lensa SN. (FOTO: Tankapan layar)

Dalam mengelola podcast, kerap dijumpai para pengelola atau ada yang menyebutnya kreator konten atau content creator yang abai pada tahapan porduksi sebuah podcast. Banyak content creator membangun dan memproduksi podcast, hanya fokus pada urusan teknis dan tidak peduli bagaimana sebuah program atau konten yang digarap bisa dikemas secara menarik.

Menurut Michael W Geoghegan dan Dan Klass, dalam memproduksi sebuah karya podcast, terdapat tiga elemen penting dalam produksi sebuah konten audio podcast: vokal, efek, dan backsound. “Ada elemen-elemen yang penting dan harus diperhatikan, berikut langkah-langkah yang penting dilakukan saat mengembangkan program podcast”, tulis Geoghegan dan Klass.

Geoghegan dan Klass juga mengajarkan tentang tahapan atau langkah- langkah yang dapat dilakukan dalam pembuatan program podcast yang sering dilupakan, diantaranya tujuan pasar dan penentuan kelompok pendengar. Hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan podcast adalah seberapa kuat hubungan anda dengan pendengar, dalam hal ini adalah kedekatan/proximity.

Kedekatan atau proximity adalah kunci penting dalam pembuatan suatu konten podcast. Topik apa yang akan diangkat, dengan niat apa podcast tersebut dibuat. Saat menemukan topik yang dirasa menarik, kembangkan dan buat topik tersebut menjadi lebih menarik saat didengar atau ditonton oleh orang lain.

Kemudian tahapan menentukan konsep yang memfokuskan akan suatu konten podcast tidak hanya dibuat dan ditujukan kepada segilintir orang, akan tetapi diharapkan juga dapat membantu banyak komunitas atau kelompok dengan minat yang sama. Pendengar atau penonton merupakan komunitas dan kelompok yang juga mendapat ketertarikan langsung.

× Image