Home > Teknologi

Perjuangan Agus Harizal Kelola Podcast dan Sejarahnya

Untuk mengakses podcast tersedia pada beragam platform, ada Spotify, YouTube, Anchor, Google Podcasts, dan Apple Podcasts.

Agus Harizal Pemimpin Redaksi Suara Nusantara dan host podcasat Lensa SN. (FOTO: Tangkapan layar).
Agus Harizal Pemimpin Redaksi Suara Nusantara dan host podcasat Lensa SN. (FOTO: Tangkapan layar).

Demikian pula dengan tema atau topik yang disajikan juga sangat luas dan beragam, dari urusan mistik sampai sejarah, ilmu pengetahuan, politik, ekonomi, hukum dan gosip dan sebagainya. Bahkan menurut www.time.com, ada program podcast dapat menyamai popularitas serial drama televisi.

Dalam perkembangannya podcast yang tidak bisa lepas dari internet jika awalnya mengacu pada audio atau podcast audio, kini podcast juga mengacu pada materi dalam bentuk video.

Sehingga pengertian podcast , menurut Efi Fadilah, Pandan Yudhapramesti dan Nindi Aristi dalam “Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio” (2017) dapat mengacu pada podcast audio atau podcast video atau video podcast atau vodcast. Menurut perusahaan Apple, membuat batasan podcast sebagai siaran audio dan video yang tersedia di internet untuk diputarkan pada perangkat portable atau komputer, seperti iPad, Ipod, atau Mac.

Singkat cerita, istilah podcast diartikan sebagai materi audio atau video yang tersedia di internet yang dapat secara otomatis dipindahkan ke komputer atau media pemutar portable dan telepon seluler baik secara gratis maupun berlangganan dan podcast Lensa SN milik Agus Harizal adalah salah satunya.

Produksi Podcast

Tentang sejarah podcast secara singkat sudah bisa dimengerti. Selanjutnya adalah mengenal karakteristik dari podcast. Menurut Muhammad Toyib, Syafiq Humaisyi dan M. Harir Muzakki dalam “Penggunaan Podcast dalam (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Mata Kuliah Listening I Prodi Tadris Inggris Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo” (2012), karakteristik podcast dibagi menjadi empat karakteristik utama. Podcast sendiri memiliki karakteristik khusus dibanding media audio lain. Karakteristik itu ialah: download, tema yang segmented, episodic, dan streaming.

Podcast sendiri juga memiliki jenis yang terbagi menjadi tiga: audio podcast, podcast yang menggunakan visual, dan podcast yang berisikan film dengan dilengkapi suara. Dalam perkembangan podcast yang paling umum adalah podcast audio dan podcast

× Image