Home > Teknologi

Perjuangan Agus Harizal Kelola Podcast dan Sejarahnya

Untuk mengakses podcast tersedia pada beragam platform, ada Spotify, YouTube, Anchor, Google Podcasts, dan Apple Podcasts.
Studio podcast Lensa SN. (FOTO: Dok Lensa SN)
Studio podcast Lensa SN. (FOTO: Dok Lensa SN)

KINGDOMSRIWIJAYA – Menjelang tengah malam, Jumat (7/9), Agus Harizal Pemimpin Redaksi surat kabar Suara Nusantara yang juga host pada podcast “Lensa SN” berkirim pesan link tayangan podcast bertajuk “Jadilah Pemilih Independen di Pilgub Sumsel Podcast Bersama Maspril Aries”. Pesan berikutnya, “Seribu penonton”.

Dalam kurun sekitar satu bulan atau empat pekan setelah podcast ini tayang perdana ada sekitar 1.100 viewer yang meng-klik atau tayangan pada link: https://www.youtube.com/watch?v=4NFLnU2bvqk. Bagi tayangan podcast lokal jumlah penonton mencapai 1.000 pemirsa atau lebih dalam kurun waktu satu bulan dapat disebut sebagai tayangan atau kanal yang cukup populer.

Untuk tayangan talkshow atau podcats pada kanal youtube lokal/ daerah (berbeda dengan kanal selebriti atau tokoh nasional) bisa melewati angka 1.000 penonton atau view adalah kebanggaan karena ada kanal atau akun youtube untuk meraih 1.000 penonton atau lebih butuh waktu berbulan setelah tayang perdana. Sebagai perbandingan, ada kanal youtube lokal, setelah dua bulan tayang podcats-nya hanya ditonton 100 kali. Mengapa banyak tayangan podcast di kanal youtube kesulitan atau ngos-ngosan mendapat penontonnya?

Pada keterangan kanal Lensa SN, Agus Harizal mulai mengelola Lensa SN sejak 15 Januari 2022, sudah 221 video yang diunggah, dengan lembih dari 98.230 kali ditonton dan memiliki lebih dari 1.500 subcriber. Dalam kurun waktu lebih dari dua tahun mengelola Lensa SN, Agus Harizal sangat gigih mengelola akun media sosial (medsos) sebagi bagian dari konvergensi media koran Suara Nusantara. Sepanjang 31 bulan kanal Lensa SN sejak pertama kali tayang, setiap satu bulan ada tujuh tayangan podcast yang dipublikasikan.

× Image