Home > Bisnis

Waduh, Belajasumba Blackout Kembali Plus Sumbar dan Riau

Di Sumbagsel khususnya Sumsel peristiwa blackout aliran listrik yang disebut lumbung energi karena memang produksi energi listrik dari daerah ini surplus sehingga di-ekspor ke provinsi tetangga.

Sistem Kelistrikan Sumatera.
Sistem Kelistrikan Sumatera.

Interkoneksi Sumatera

Kenapa blackout di Sumsel menular ke Babel, Lampung dan Jambi termasuk Riau dan Sumatera Barat (Sumbar)? Jawabannya karena provinsi tersebut terhubung dalam jaringan interkoneksi atau Sistem Interkoneksi Sumatera yang memiliki jaringan kabel listrik dari Selatan menuju Utara pulau Sumatera, juga ada yang tersambung dengan kabel bawah laut dari Sumatera Selatan ke Provinsi Babel yang ada di laut Selat Bangka.

Pembangunan sistem interkoneksi Sumatera yang dimulai 1999 selesai dan tersambung pada 2007 yang dengan ditandai rampungnya interkoneksi Bagan Batu di Provinsi Riau dengan Kota Pinang di Provinsi Sumatera Utara pada Agustus 2007. Dengan interkoneksi tersebut, jaringan listrik dari mulai Lampung hingga Banda Aceh sudah bisa tersambung.

Sistem interkoneksi kelistrikan di Pulau Sumatera tuntas pembangunannya dengan dibangunnya transmisi Bagan Batu di Provinsi Riau sampai Kota Pinang dan Rantau Prapat di Provinsi Sumatera Utara. Transmisi bertegangan 150 kilovolt sepanjang 102 kilometer. Interkoneksi ini menghubungkan sistem listrik yang ada di Sumatera yang mampu mentransfer energi listrik dari pembangkit di Sumatera bagian selatan yang rata-rata non-BBM (bahan bakar minyak) ke utara yang pembangkitnya hampir 90 persen masih menggunakan BBM.

Sumatera Selatan sendiri sudah masa Presiden Susilo Bambang Yudhono dicanangkan sebagai provinsi lumbung energi saat dipimpin Gubernur Sumsel Syahrial Oesman. Setelah berganti gubernur dan jabatan dipegang Alex Noerdin Sumsel menjadi daerah yang surplus energi listriknya. Berulang kali Alex Noerdin dalam setiap agenda ada acara terkait dengan minyak dan gas (migas) atau energi, selalu mengatakan, “Listrik di Singapura tergantung dari pasokan gas dari Sumsel. Lomba F1 di Singapura bisa berlangsung pada malam hari karena energi listriknya dari Sumsel”.

Memang benar adanya bahwa Sumsel adalah lumbung energi nasional. Energi listriknya dipasok ke Babel dan Singapura. Data terbaru, saat kabel bawah laut Sumsel –Babel mulai beroperasi, bahwa energi listrik di Sumsel surplus atau melebih dari kebutuhan.

× Image