Home > Bisnis

Waduh, Belajasumba Blackout Kembali Plus Sumbar dan Riau

Di Sumbagsel khususnya Sumsel peristiwa blackout aliran listrik yang disebut lumbung energi karena memang produksi energi listrik dari daerah ini surplus sehingga di-ekspor ke provinsi tetangga.
Pengumuman dari PT PLN di medsos.
Pengumuman dari PT PLN di medsos.

KINGDOMSRIWIJAYA – Seorang wartawan senior dari Lampung yang pernah bekerja di sebuah kantor berita berkirim pesan, “Se-Sumbagsel mati, rupanya. Sejarah baru”. Ia berkomentar tentang padamnya aliran listrik di Lampung pada Selasa (4/6). Ternyata pemadaman tersebut merata terjadi wilayah Belajasumba (Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung).

Listrik yang padam sejak sekitar pukul 11.00 baru menyala kembali menjelang petang, banyak daerah terkena pemadaman lebih dari lima jam. Di Kelurahan Bukit Lama, Palembang listrik setelah padam sejak siang baru nyala kembali pukul 20.16 WIB.

Sejak siang sudah banyak warga yang mencari tahu penyebab padamnya aliran listrik ke rumah mereka. Jawabannya di media sosial (medsos) muncul penjelasan dari PT PLN. Diantaranya dari PLN UID S2JB (Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu) yang menyebutkan, pemadaman terjadi karena ada gangguan transmisi SUTT 275 kV Linggau – Lahat sehingga berdampak pada sistem kelistrikan si wilayah kerja Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu. Terjadi pemadaman total atau blackout.

Ternyata pemadaman juga berimbas padamnya listrik di Bangka Belitung (Babel) dan Lampung. Fira warga Pangkalpinang menjelaskan, listrik di ibu kota Provinsi Babel tersebut padam sejak siang dan baru menyala menjelang waktu salat Magrib. “Setelah Magrib padam lagi dan baru menyala pukul 21.00”, katanya.

Dari Jambi, seorang warga juga mantan wartawan di laman medsosnya mengunggah pesan “Mati listrik kok (nama sebuah provider telepon seluler) mati juga?!” Menurutnya, listrik padam total di rumahnya selama 18 jam. Dari Padang, Sumatera Barat warga di medos memasang status “Jaringan Listrik Tewas Sumatera GELAP”.

Padamnya aliran listrik di Sumatera Selatan (Sumsel) atau pemadaman total tersebut berdampak pada transportasi umum. Moda transportasi Kereta LRT (Lintas Rel Terpadu) Sumsel berhenti beroperasi dan memasang pengumuman gangguan operasional seraya menyampaikan permintaan maaf. Lalu lintas pada beberapa persimpangan dibuat macet karena lampu pengatur arus lalu lintas tidak berfungsi alias padam.

× Image