Home > Bisnis

Waduh, Belajasumba Blackout Kembali Plus Sumbar dan Riau

Di Sumbagsel khususnya Sumsel peristiwa blackout aliran listrik yang disebut lumbung energi karena memang produksi energi listrik dari daerah ini surplus sehingga di-ekspor ke provinsi tetangga.

Pengembangan Transmisi Sistem Sumatera
Pengembangan Transmisi Sistem Sumatera

Padamnya aliran listrik juga berimbas pada produksi air bersih dari PDAM Tirta Musi. Air yang sejak Selasa siang tidak mengalir, sampai Rabu pagi juga tak kunjung mengalir. “Mohon maaf kondisi tegangan listrik di intake dan IPA belum stabil jadi belum bisa produksi dan distribusi maksimal”, kata Eko Saputro dari Unit Pelayanan Karang Anyar.

Sementara itu sejak siang sampai malam, laman alam maya ramai “berceloteh” berbagi kabar blackout tersebut. Media massa atau media online ramai memberi informasi pemadamaan listrik total atau blackout yang terjadi di wilayah Belajasumba plus Provinsi Riau dan Sumatera Barat (Sumbar).

Media massa dari yang arus utama sampai media online ramai-ramai memberitakan pemadaman total atau blackout yang melanda Sumatera. Blackout yang terjadi di Sumbagsel khususnya Sumsel bukan yang pertama. Sumsel dan sekitar dilanda blackout pada 4 Juli 2022. Waktu itu, Senin malam listrik padam total di Palembang dan daerah kabupaten/ kota di Sumsel. Listrik blackout sejak pukul 18.30 lamanya sekitar 3-6 jam.

Pada 16 Juli 2014 kembali terjadi pemadaman total akibat sebuah menara transmisi 150 KV roboh di Desa Simpang Belimbing, Sumsel, menyebabkan pemadaman di seluruh wilayah Sumatera Bagian Tengah (Sumbar dan sekitarnya). Blackout juga pernah terjadi di Babel pada 11 November 2023 akibat ada tower roboh pada jalur SUTT 150 kV Kenten – Tanjung Api-Api. Dampak dari kejadian tersebut, putusnya aliran listrik dari Kenten (Sumsel) ke Tanjung Api-Api menuju sistem Bangka, sehingga terjadi blackout di subsistem Bangka.

Baca juga: https://kingdomsriwijaya.id/posts/162773/mereka-menulis-sumsel-blackout

Blackout Pulau Jawa

Mengutip Farid Agung Waskita dalam “Identifikasi dan Analisis Black Out Akibat Gangguan Jaringan Distribusi Listrik dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (Fta) dan Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) (Studi Kasus: PT PLN (Persero) Unit Pelaksanapengendalian Pembangkitan (UPDK Kapuas)” (2023), blackout atau mati listrik total, adalah pemadaman listrik yang terjadi karena hilangnya daya ke suatu daerah secara total dan merupakan bentuk pemadaman listrik paling parah yang dapat terjadi. Pemadaman dapat berlangsung dari beberapa menit hingga beberapa minggu tergantung pada sifat pemadaman dan konfigurasi jaringan listrik.

× Image