Home > Politik

Agus Fatoni Berinovasi, IPDN Beri Penghargaan Kartika Pamong Praja Madya

Agus Fatoni melakukan berbagai inovasi dan terobosan. Terutama dalam pengelolaan keuangan daerah melalui penerapan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Rektor IPDN Hadi Prabowo (ketiga dari kiri) diapit kepala daerah penerima penghargaan Kartika Pamong Praja. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)
Rektor IPDN Hadi Prabowo (ketiga dari kiri) diapit kepala daerah penerima penghargaan Kartika Pamong Praja. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)

Apakah Gerakan Sakai Sambayan ini menjadi inspirasi atau salah sumber gagasan dari gerakan serentak yang dicanangkan Agus Fatoni di Sumsel? Artikel ini tidak berada pada kapasitas untuk mencari dan memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Sejak awal 2024, Gerakan Serentak yang dicanangkan dan dilaksanakan Agus Fatoni bersama pemerintah kabupaten dan kota di Sumsel telah mampu menorehkan catatan keberhasilan. Merujuk pada data yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Sumsel triwulan I tahun 2024 mengalami pertumbuhan sebesar 5,06 persen (y-on-y). Jika dibanding dengan triwulan sebelumnya, ekonomi Provinsi Sumatera Selatan triwulan I tahun 2024 mengalami pertumbuhan sebesar 0,02 persen (q-to-q).

Kemudian pada Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Sumsel yang mengalami penurunan. Berdasarkan hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) di Februari 2024 sebanyak 4,56 juta orang atau naik 62,6 ribu orang dibanding periode yang sama pada Februari 2023. Hal itu juga dibarengi dengan turunnya TPT pada Februari 2024 sebesar 3,97 persen atau turun sebesar 0,56 persen poin dibandingkan Februari 2023.

Capaian lain, nilai ekspor Sumsel mencatat surplus. Neraca perdagangan Maret 2024 mengalami surplus US$308,87 juta dengan nilai ekspor mencapai US$503,09 juta atau naik 12,94 persen dibanding ekspor Februari 2024.

Dalam Laporan Perekonomian Provinsi Sumatera Selatan edisi Februari 2024 yang diterbitkan Bank Indonesia menyebutkan, “Ekonomi Sumsel tumbuh kuat, meskipun melambat pada Triwulan IV 2023”. BI memberi catatan bahwa ekonomi Sumsel akan tumbuh kuat karena ditopang permintaan domestik yang kuat terutama oleh komponen konsumsi rumah tangga, investasi dan ekspor yang membaik.

Ekonomi Sumsel yang terus tumbuh maka akan mendukung realisasi dari program prioritas dan gerakan serentak pembangunan yang dicanangkan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni. Jika itu terjadi, maka deretan prestasi berikutnya akan digenggam Agus Fatoni penulis buku “A to Z Inovasi Daerah Selalu Ada Ruang untuk Berinovasi”. (maspril aries)

× Image