Home > Literasi

Literasi Digital Desa dari Seleraya Merangin di Karang Mendapo dan Lubuk Napal

Literasi digital adalah kemampuan individu untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif.

Peserta Seminar Pengaruh Gadget di Desa Lubuk Nipah. (FOTO: Humas SKK Migas)
Peserta Seminar Pengaruh Gadget di Desa Lubuk Nipah. (FOTO: Humas SKK Migas)

Budaya digital menurut AR Septiana dan M Hanafi dalam “Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka” (2022) memiliki empat pilar utama: yaitu, keterampilan digital, keamanan digital, etika digital dan budaya digital. “Literasi digital merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan setiap komunitas untuk mendapatkan manfaat dari peluang baru yang diciptakan oleh perubahan dalam penelitian suatu teknologi”.

Penelitian yang lain oleh Sri Rahayu dkk tentang “Peningkatan Kesadaran Kritis Melawan Berita Palsu dan Ujaran Kebencian Melalui Literasi Digital” (2023) menyebutkan, literasi digital di masyarakat di pedesaan masih tergolong rendah. Menurut penelitian tersebut, peran akademisi menjadi sangat penting dalam meningkatkan literasi digital di kalangan masyarakat desa melalui pelatihan literasi digital.

Pelatihan literasi digital perlu melibatkan nalar sumber yang mengerti teknologi informasi bila perlu dilengkapi dengan penyuluhan hukum seperti tentang UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) dengen metode ceramah sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang literasi digital.

Dengan pelatihan ini diharapkan peserta atau masyarakat dapat lebih tanggap terhadap informasi yang mereka temui di dunia maya dan dapat memerangi ujaran kebencian serta berita palsu dengan lebih efektif

Sekarang dan ke depan, literasi digital dibutuhkan dalam masyarakat, terutama anak dan remaja untuk menyaring informasi yang disajikan di media sosial.

Atas kegiatan PPM dari SRMD tersebut, Safe'i Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) menyampaikan apresiasinya kepada KKKS SRMD yang telah merealisasikan komitmen untuk mendukung pemerintah dalam menunjang pendidikan kepada masyarakat sekitar operasi melalui PPM bidang pendidikan ini.

“Kepada KKKS SKK Migas menekankan untuk memberikan tanggung jawabnya kepada daerah sekitar operasi, melalui program ini, khususnya untuk bidang pendidikan,. Semoga program ini dapat memberikan manfaat bagi penerima, sehingga tujuan utama dari dilaksanakannya program dapat benar-benar terealisasi”, katanya. (maspril aries)

× Image