Home > Politik

Pilkada dan Air Bersih: Ratu Dewa Memetakan Masalah Air Bersih Palembang

Tahun 2020 cakupan pelayanan air bersih di Kota Palembang sebesar 83,22 persen, masih ada 16,78 persen penduduk Kota Palembang yang belum dapat terlayani air bersih.

Pekerja PDAM Tirta Musi tengah mengganti meteran air. (FOTO: Maspril Aries)
Pekerja PDAM Tirta Musi tengah mengganti meteran air. (FOTO: Maspril Aries)

Belajar dari Jakarta, maka pasokan air untuk komersial dan industri akan membuat PDAM memperoleh peningkatan pendapatan mengingat tarif yang dikenakan di Jakarta berbeda dengan dengan tarif kebutuhan domestik. Ini juga bisa menjadi alternatif untuk pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi air bersih PDAM Tirta Musi. Catatannya, penuhi dulu 100 persen kebutuhan air bersih domestik dan kepentingan umum.

Air Bersih Pilkada

Pesan kepada Ratu Dewa bahwa masalah air bersih di Palembang ke depan memiliki tantangan yang kompleks dan memerlukan kerjasama banyak pihak untuk menyelesaikannnya. Air bersih merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk menjamin kehidupan yang layak bagi masyarakat. Air bersih memiliki peran vital dalam kehidupan manusia.

Menurut S Hughes dalam “A multidimensional approach to evaluating the vulnerability of drinking water systems” (2022), air sebagai kebutuhan primer bagi kehidupan manusia. Air minum yang aman, terjangkau, dan andal menjadi aspek penting bagi kesehatan masyarakat, lingkungan yang sehat dan masyarakat yang kuat.

Pemenuhan kebutuhan air bersih pasca pemilihan kepala daerah (Pilkada) jangan hanya sebatas janji. Program air bersih memang bukan program yang monumental seperti membangun jembatan baru di atas sungai Musi. Jangan dianggap bahwa membangun sistem air minum hanya progra pembangunan rutin yang tidak menaikkan citra karena bukan membangun proyek monumental. Atau tidak memberikan popularitas tinggi dibandingkan bag-bagi bantuan dana tunai atau Bansos kepada rakyat.

Justru sebaliknya. Jika kelak 16 persen kawasan di Kota Palembang yang belum dapat mengakses layanan air bisa terlayani dengan dipenuhinya kebutuhan warga, maka program selanjutnya ke depan, Ratu Dewa bisa melanjutkan dengan program meningkatkan kualitas air bersih menjadi air minum.

Pada 2011 saat Gubernur Sumatera Selatan dijabat Alex Noerdin di komplek Jakabaring Sport City (JSC) saat pelaksanaan Sea Games XXVI air bersih di komplek olah raga tersebut siap diminum dari krannya. Instalasi pengolahan air siap minum tersebut dibangun oleh sebuah perusahaan asing. Entah apa kabarnya sekarang instalasi tersebut? (maspril aries)

× Image