Home > Politik

Agus Fatoni Pj Gubernur Sumsel dengan 68 Penghargaan

Hanya Agus Fatoni yang pernah memimpin tiga provinsi. Jika ada yang ingin memberikan Rekor MURI, penghargaan tersebut pantas diterimanya.

Agus Fatoni menerima gelar adat. (FOTO Humas Pemprov Sumsel)
Agus Fatoni menerima gelar adat. (FOTO Humas Pemprov Sumsel)

Penghargaan ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya diterima sebagai ASN. “Penganugerahan kehormatan ini juga mengandung arti bahwa saya harus bekerja lebih keras lagi, bekerja maksimal dan sungguh-sungguh, dengan melakukan inovasi dan terobosan-terobosan, dengan tetap mengedepankan prinsip efektififitas, efesiensi dan akuntabel”, kenangnya saat menerima penghargaan tersebut.

Ucapan tersebut dibuktikan Agus Fatoni saat menjabat Pj Gubernur Sumsel. 68 Penghargaan yang diperoleh salam kurun waktu kurang dari satu tahun, tepatnya sembilan bulan adalah buah dari kerja keras, kerja maksimal, sungguh-sungguh dengan melakukan inovasi dan terobosan-terobosan, dengan tetap mengedepankan prinsip efektififitas, efesiensi dan akuntabel.

Bagi Agus Fatoni setiap penghargaan yang diperoleh bermakna bahwa tugas dan tanggung jawab pengabdiannya kepada bangsa dan negara semakin besar dan semakin berat. Menurutnya, kepercayaan negara harus dijaga, dirawat dan diimplementasikan dengan kerja nyata.

“Anugerah itu bukan hanya sekadar diberikan begitu saja, tetapi penghargaan tersebut menunjukkan bahwa Negara dan Pemerintah RI memberikan kepercayaan karena kita dianggqp mampu mengemban tugas-tugas negara dengan baik. Penghargaan ini mengandung konsekuensi besar, yakni bagaimana saya mampu mempertahankan kepercayaan negara, pemerintah Indonesia, meningkatkan kinerja dan pengabdian”, ujar peraih
S3 Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran (Unpad) tahun 2009

Pj Gubernur 3 Provinsi

Melengkapi deretan prestasi tersebut, dapat dinobatkan bahwa Agus Fatoni adalah penjabat gubernur dengan rekor terbanyak, memimpin daerah pada tiga provinsi. Pada tahun 2020 ia dilantik menjadi Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020. Pada Oktober 2023 dilantik Mendagri menjadi Pj Gubernur Sumatera Selatan dan pada 24 Juni 2024 kembali dilantik sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut).

× Image