Home > Wisata

Menikmati Panen Kurma di Taman El Montazah

Berada di taman Istana Montazah sejauh mata memandang yang terlihat adalah pohon kurma.

Memanen buah kurma di Taman Istana Montazah, Mesir. (FOTO: Maspril Aries)
Memanen buah kurma di Taman Istana Montazah, Mesir. (FOTO: Maspril Aries)

Lantas apa guna dan manfaatnya kita memakan kurma? Menurut pepatah kuno Arab, “Kegunaan pohon kurma adalah sebanyak jumlah hari dalam setahun”.

Kurma dalam Alquran

Pada bulan Ramadhan setiap tahun kurma yang menjadi teman berbuka dari menu-menu makanan lainnya. Tak salah jika kurma adalah salah satu makanan favorit bagi umat Islam yang tengah menjalani ibadah puasa. Kurma terhidang sebagai takjil untuk berbuka puasa umat Islam dari yang di rumah sampai di hotel berbintang.

Kurma di dalam Alquran ditulis dengan kata An-Nakhl, An-Nakhiil, An-Nakhlah dan An-Nakhlan yang berarti pohon kurma, kebun kurma dan buah kurma, seharusnya buah ini bisa tersedia kapan saja dan dimakan kapan saja, jadi tidak hanya pada bulan Ramadhan.

Kata An-Nakhl, An-Nankhiil, An-Nakhlah dan An-Nakhlan dalam kitab Mu'jam Al-Mufarras Al-fadhul Quran, menyebutkan kata An-Nakhl, An-Nakhiil, An-Nakhlah dan An-Nakhlan sebanyak 20 kali dalam 16 surat.

Menurut Abdullah Al-Qari B dan Hj. Salleh, dalam “Rahasia & Khasiat Air Zam-Zam, Buah Zaitun, Buah Tamar (Kurma)” (2004), kata-kata tersebut tertulis dalam Surat Ar-Rahman: 11 dan 68, surat Qaf: 10, surat Yasin: 34, surat As-Syu’ara’: 148, surat Ar-Ra'd: 4, surat Maryam: 23 & 25, surat Al-Baqarah: 266, surat Al-An'am: 99 & 141, surat An-Nahl: 11 & 67, surat Al-Isra': 91, surat Al-Kahf: 32, surat Taha: 71, surat Al-Mu'minun: 19, surat Al-Qamar: 20, surat Al-Haqqah: 7 dan surat ‘Abasa: 29.

Dalam Alquran, Allah SWT selain menyebut buah kurma juga ada buah lainnya, diantaranya buah tin, zaitun, delima dan anggur. Aneka buah-buahan segar tersebut diciptakan Sang Khalik untuk umat manusia. (maspril aries)

× Image