Home > Wisata

Menikmati Panen Kurma di Taman El Montazah

Berada di taman Istana Montazah sejauh mata memandang yang terlihat adalah pohon kurma.
Menjual buah kurma hasil panen di Taman Istana Montazah, Mesir (FOTO: Aina RA)
Menjual buah kurma hasil panen di Taman Istana Montazah, Mesir (FOTO: Aina RA)

KINGDOMSRIWIJAYA – Istana Montazah dan kurma, keduanya sama menjadi legenda di negeri tempat Firaun pernah berkuasa. Negeri tersebut kini bernama Republik Mesir. Istana Montazah atau El Montazah terletak di Alexandria, kota terbesar setelah Kairo yang letaknya berhadapan dengan laut Mediterania.

Di halaman luar istana tersebut ada pohon banyak pohon kurma, ketika musim berbuah banyak orang yang datang ke sana. Datang untuk sekedar melihat panen kurma atau membeli kurma muda yang baru saja dipanen. Selintas memandang, komplek Istana Montazah seperti Istana Bogor yang ada banyak pohon tumbuh di halaman. Jika berada di taman Istana Montazah sejauh mata memandang yang terlihat adalah pohon kurma.

Jauh dari Alexandria, di Indonesia saat bulan Ramadhan, maka kurma adalah buah yang tersedia untuk berbuka puasa. Buah kurma banyak dijual di pasar sampai di pusat perbelanjaan. Jika malas ke pasar, kurma bisa dibeli di mini market yang tidak jauh dari rumah, di sana kurma juga dijual.

Saat berbuka puasa disunahkan memakan buah kurma, mengikuti sunnah Nabi Muhammmad SAW. Saat berbuka puasa dianjurkan kurma menjadi menu yang tersedia di meja makan, bisa juga saat sahur dilengkapi dengan makan kurma. Menjadi kebiasaan umat Muslim di seluruh dunia berbuka puasa dengan kurma dan air putih, atau kurma dan susu.

Panen kurma di komplek atau taman Istana Montazah adalah salah satu atraksi wisata yang banyak didatangi wisatawan domestik dan mancanegara yang datang ke Mesir. Untuk masuk ke komplek istana setiap pengunjung harus membeli tiket terlebih dulu, harga tiket masuknya 25 Pound Egypt (EGP) mata uang Mesir yang setara sekitar Rp20.000 per orang. Taman istana Montazah adalah area publik yang merupakan taman lanskap umum dan cagar hutan. Letak taman ini menghadap ke pantai Laut Mediterania.

× Image