Home > Literasi

Medco EP Peduli Literasi Hadirkan Pojok Baca di Desa Mulyo Harjo

Medco EP memerdekakan minat baca masyarakat dengan menghadirkan pondok baca di sebuah desa yang berjarak sekitar 240 km dari Palembang,

Peresmian pondok baca dan lomba menggambar HUT RI di Desa Mulyo Harjo. (FOTO: Humas Medco).
Peresmian pondok baca dan lomba menggambar HUT RI di Desa Mulyo Harjo. (FOTO: Humas Medco).

Bagi Medco E&P menurut Arif, selain fokus memenuhi kebutuhan energi nasional, juga turut berkontribusi dalam mendukung pengembangan pendidikan masyarakat di sekitar wilayah operasi.

“Medco E&P mengapresiasi Pemerintah Desa Mulyo Harjo, Medco Foundation dan Rumah Zakat yang telah mendukung dan mewujudkan berdirinya Pojok Baca ini. Kami berharap fasilitas literasi yang tersedia di pondok baca ini dapat meningkatkan minat dan semangat membaca dan belajar masyarakat, khususnya para pelajar. Kami yakin dengan meningkatnya kemampuan literasi dapat memberdayakan masyarakat, termasuk di daerah operasi Medco”, ujarnya.

Sementara itu Bachtiar mantan Kepala Desa Mulyo Harjo menyampaikan terima kasihnya kepada KKKS Medco E&P Indonesia, Medco Foundation dan Rumah Zakat yaang telah mewujudkan hadirnya pojok baca untuk masyarakat dan anak-anak di Mulyo Harjo.

“Terima kasih Medco, kami melihat antusias dari masyarakat dan anak-anak sangat tinggi sekali. Kita sadari mungkin 90 persen anak-anak kita telah diracuni gadget atau ponsel setelah pulang dari sekolah, kini dengan kehadiran pondok baca ini bisa mengalihkan perhatian mereka sehingga diharapkan menjadikan perkembangan positif mereka untuk menjadi lebih baik lagi”, kata Bachtiar.

Selain peresmian, berbagai lomba perayaan HUT RI juga berlangsung meriah. Menurut Joice yang menjadi juri dalam lomba membaca cerita rakyat, mewarnai, membaca puisi dan menggambar, menilaia semangat dan antusias anak-anak mengikuti lomba mengikuti lomba sangat besar.

“Melihat antusias yang tinggi dalam lomba literasi, kami berharap dapat dilaksanakan kembali untuk masa yang akan datang dengan keterlibatan Medco”, ujarnya.

Hanifatus Solehah murid SMPN Mulyo Harjo yang mengikuti Lomba membaca puisi dan Titin yang warga SP4 Desa Mulyo Harjo sebagai peserta lomba membaca cerita rakyat menyatakan rasa senangnya. “Seru, ramai. Kami ingin tahun depan diadakan kembali”, kata Hanifatus. (maspril aries)

× Image