Home > Literasi

Medco EP Peduli Literasi Hadirkan Pojok Baca di Desa Mulyo Harjo

Medco EP memerdekakan minat baca masyarakat dengan menghadirkan pondok baca di sebuah desa yang berjarak sekitar 240 km dari Palembang,
Peresmian pojok baca dari Medco E&P di Desa Mulyo Harjo. (FOTO: Humas Medco).
Peresmian pojok baca dari Medco E&P di Desa Mulyo Harjo. (FOTO: Humas Medco).

KINGDOMSRIWIJAYA, BTS Ulu – Bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia perusahaan migas swasta nasional Medco E&P Indonesia (Medco E&P) ‘memerdekakan” minat baca masyarakat dengan gerakan literasi menghadirkan pojok baca di sebuah desa yang berjarak sekitar 240 km dari Palembang, ibu kota Sumatera Selatan (Sumsel).

Desa tersebut bernama Mulyo Harjo, di Kecamatan Bulang Tengah Suku (BTS) Ulu, Kabupaten Musi Rawas. Di desa yang letaknya di pelosok tersebut Medco E&P menghadirkan sebuah pojok baca yang menempati bangunan di kantor balai desa.

“Pojok baca tersebut diresmikan pada 18 Agustus 2024 dalam rangkaian perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di Desa Mulyo Harjo”, kata VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi, Senin (19/8).

Menurut Arif, peresmian berlangsung semarak karena bersamaan dengan kegiatan Lomba Literasi Tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menegah Pertama, dan Orang Tua. “Kegiatan dengan tema ‘Hari Kemerdekaan’ berlangsung dua hari, 16-18 Agustus 2024 di Kantor Desa Mulyo Harjo”.

Untuk menghadirkan Pondok Baca Desa Mulyo Harjo tersebut, KKKS Medco E&P Indonesia (Medco E&P) bekerjasama dengan Medco Foundation dan Rumah Zakat. Pojok baca yang peresmiannya dihadiri perwakilan Camat BTS Ulu Agus Wiyoko, Perwakilan Koramil Amveeky, Kepala Desa Mulyo Harjo Suryati, mantan Kepala Desa Mulyo Harjo Bachtiar, pemuka agama dan masyarakat desa serta Lead Field Relations & Community Enhancement Medco E&P Indonesia Yulianto Pawit, merupakan pojok baca pertama yang diprakarasi Medco di wilayah South Sumatra Region.

Arif Rinaldi menjelaskan, pojok baca di Desa Mulyo Harjo hadir sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat di sekitar wilayah operasi, khususnya di Kecamatan BTS Ulu, Kabupaten Musi Rawas. “Kehadiran pojok baca ini merupakan bentuk kepedulian Medco E&P dalam mendukung pengembangan masyarakat di bidang pendidikan, khususnya gerakan literasi”, ujarnya.

× Image