Home > Budaya

Sandy Walsh Berpeci Tapis Lampung

Tampilnya sosok Sandy Walsh berpeci motif tapis tersebut mendapat tanggapan dari budayawan Lampung Anshori Djausal. Tapis sudah menjadi ikon Lampung
Sandy Walsh mengenakan peci Tapis Lampung pada acara pernikahannya dengan Aislinn Konig. (FOTO: IG @sandywalsh)

KINGDOMSRIWIJAYA – Bagi mereka suporter atau fan tim nasional (timnas) Indonesia tidak asing dengan nama Sandy Walsh salah seorang pemain sepak bola yang memperkuat timnas.

Walsh yang bernama lengkap Sandy Henny Walsh kelahiran lahir 14 Maret 1995 di Brussel, Belgia dan sejak 17 November 2022 resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani proses naturalisasi.

Ayahnya warga negara Belanda keturunan Irlandia kelahiran Inggris yang berasal dari keluarga Somalia-Afrika Selatan dan seorang ibu keturunan Indonesia bernama Brigitta Portier. Kakek Walsh lahir di Surabaya dan neneknya di Purworejo. Keduanya kemudian pindah ke Belanda.

Sandy Walsh adalah pesepakbola profesional yang berposisi sebagai pemain belakang pada klub Liga Pro Belgia KV Mechelen. Saat memperkuat timnas pada Piala Asia 2023 di Qatar, ia mengaku bangga bisa main untuk Indonesia, merasakan dukungan dan cinta dari para penggemar meski berada di Doha, Qatar.

Kemudian bersamaan dengan peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia media massa ramai-ramai melansir kabar Sandy Walsh menikah dengan kekasihnya Aislinn Konig seorang pebasket tim nasional Kanada. Kabar itu semakin heboh saat tersiar foto-foto pasangangan tersebut mengenakan pakaian adat dari beberapa daerah Indonesia.

Pada foto bersama Aislinn Konig, Sandy Walsh mengenakan pakaian dengan baju adat Aceh yang dilengkapi dengan kain batik terlilit dan yang menarik ia mengenakan peci atau songkok dari kain tapis Lampung. Foto-foto ini pun beredar luas dengan di media sosial dengan berbagai komentarnya.

“Ikon” Lampung

Tampilnya sosok Sandy Walsh berpeci motif tapis tersebut mendapat tanggapan dari budayawan Lampung Anshori Djausal. “Tapis sudah menjadi ‘ikon’ Lampung”, ujarnya.

× Image