Home > Wisata

Istanbul Surganya Kucing (Hari Kucing Sedunia 8 Agustus 2024)

Warga Istanbul memiliki tradisi menyediakan makanan untuk kucing jalanan. Mereka memanggil kucing-kucing liar tersebut dengan kedi et atau daging untuk kucing.

Seekor kucing tertidur di kursi taman Masjid Ayasofia. (FOTO: Maspril Aries)
Seekor kucing tertidur di kursi taman Masjid Ayasofia. (FOTO: Maspril Aries)

Setelah Hagia Sophia berfungsi menjadi masjid, Gli masih tinggal di sana tempat yang sudah menjadi rumahnya. Mengutip media pemerintah Turki, TRT World memberikan jawabannya, perubahan status Ayasofya atau Hagia Sophia dari museum menjadi masjid tidak membuat Gli harus dipindahkan. Gli tetap bisa bebas berjalan-jalan di dalam dan di sekitar Hagia Sophia.

Jika ingin tahu bagaimana Gli menyapa para tamunya di Hagia Sophia, bisa dilihat pada akun Instagram @hagiasophiacat. Seorang pemandu wisata Hagia Shopia, Umut Bahceci telah membuat akun medsos untuk Gli. Sampai Gli mati, akun Instagram @hagiasophiacat sudah ada 860 unggahan foto dan video tentang Gli dan kucing lainnya di Turkiye.

Pada hari kematian Gli, Umut Bahceci pemilik akun @hagiasophiacat menulis, “Saya lahir di Hagia Sophia, jantung dunia. Saya baru saja mengucapkan selamat tinggal pada kehidupan ini di mana saya bertemu jutaan orang yang datang ke jantung dunia dengan cinta dan menjadi cermin dari cahaya cinta. Terima kasih untuk semua orang yang memiliki jejak kaki saya di hati mereka”.

Umut Bahceci juga menulis, “Saya sekarang berada di rumah saya selamanya, Sophia. Di tempat khusus di taman Sophia saudara perempuan saya dan saya akan terus menyebarkan cinta yang tak berujung yang telah kami terima dari mu seluruh dunia”.

Kabar kematian Gli disampaikan Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya di akun Twitternya. Gli mati setelah sebelumnya menjalani perawatan sejak 24 September 2020. “Kucing Hagia Sophia Gli, yang telah dirawat di klinik hewan swasta di Levent sejak 24 September, sayangnya mati karena usianya yang sudah tua.” “Kami tidak akan pernah melupakan Anda Gli” tulis Ali dalam akun twitter-nya 9 November 2020. Gli mati pada 7 November 2020 dan dimakamkan di kompleks Hagia Sophia.

× Image