Home > Wisata

Istanbul Surganya Kucing (Hari Kucing Sedunia 8 Agustus 2024)

Warga Istanbul memiliki tradisi menyediakan makanan untuk kucing jalanan. Mereka memanggil kucing-kucing liar tersebut dengan kedi et atau daging untuk kucing.
Seokor kucing tiba-tiba datang menghampiri di Masjid atau Yesil Camii di Bursa. (FOTO: Safira Yasmin)
Seokor kucing tiba-tiba datang menghampiri di Masjid atau Yesil Camii di Bursa. (FOTO: Safira Yasmin)

KINGDOMSRIWIJAYA – Berkunjung ke Istanbul kota terbesar di Turkiye, kita bisa dengan mudah bertemu satwa, kucing. Kucing menjadi hewan liar bisa berkeliaran bebas di kota ini dan kota lain di Turkiye. Ternyata tidak hanya kucing, anjing pun berkeliaran dengan bebas tanpa harus khawatir dihalau atau dilempar dengan benda keras.

Empat tahun yang lalu, pada tahun 2020 ada seekor kucing yang sangat terkenal di Turkiye mati. Seorang warga Istanbul membuat akun Instagram untuk mengabadikan aktivitas kucing tersebut selama hidupnya. Kucing tersebut diberi nama “Gli” akun Instgramnya @hagiasophiacat.

Gli adalah seekor kucing berjenis kelamin betina yang bisa dijumpai di dalam Hagia Sophia. Ada yang menyebut dan menulis Gli adalah adalah penjaga Museum Hagia Sophia yang kini telah beralih fungsi dan bernama Masjid Ayasofia.

Dari cerita yang tersiar di Istanbul, ada sekitar 16 tahun Gli tidak pernah meninggalkan bangunan yang pertama kali dibangun tahun 532 tersebut. Namanya “Gli” yang artinya persatuan cinta adalah seekor kucing jenis Europian shorthair dengan mata yang bulat dan bercahaya.

Keberadaan Gli di Hagia Sophia dalam bahasa Turki disebut Ayasofya tak pernah mengganggu mereka yang datang dari mana pun. Gli tak ada pemiliknya, Gli adalah hewan kesayangan semua mereka yang berkunjung ke Hagia Sophia yang sejak 24 Juli 2020 menjadi masjid untuk melaksanakan salat Jumat pertama setelah selama sekitar 85 tahun menjadi museum tanpa ada salat Jumat di sana.

Kucing Gli ternyata tidak hanya terkenal di Turki, namanya dan wajahnya sudah di kenal di mancanegara. Foto-foto Gli banyak bertebaran di media sosial (medsos), bahkan media cetak, online dan televisi membuatkan berita khusus tentang Gli.

Gli mulai dikenal luas dan populer saat Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada 2009 berkunjung ke Hagia Sophia. Presiden Obama dan Perdana Menteri Reccep Tayyip Erdogan sempat menyapa dan membelai Gli.

× Image