Home > Budaya

Koleksi Kuno Kesultanan Palembang Darussalam, Ada Jubah SMB II

Selain menjadi nama bandara SMB II dan fotonya terpampang pada uang Rp10.000, Kesultanan Palembang Darussalam menyimpan koleksi kuno, sebuah jubah milik SMB II
SMB IV memperlihatkan jubah SMB II sebagai koleksi kuno Kesultanan Palembang. (FOTO: D Oskandar)
SMB IV memperlihatkan jubah SMB II sebagai koleksi kuno Kesultanan Palembang. (FOTO: D Oskandar)

KINGDOMSRIWIJAYA, Palembang – Kesultanan Palembang pada masa lalu pernah dipimpin Sultan Mahmud Badaruddin (SMB ) II (23 November 1767 - 26 September 1852) yang menjadi Sultan Palembang sejak 12 April 1804 kemudian diasingkan kolonial Belanda pada 1 Juli 1821.

Kini nama SMB II yang namanya lahirnya Raden Muhammad Hasan Pangeran Ratu diabadikan menjadi nama bandar udara (Bandara) SMB II Palembang dan fotonya digunakan pada mata uang rupiah pecahan Rp10.000 tahun emisi 2005 oleh Bank Indonesia.

Selain menjadi nama bandara dan fotonya terpampang pada uang yang dikeluarkan Bank Indonesia, di Kesultanan Palembang Darussalam menyimpan koleksi kuno, sebuah jubah milik SMB II yang kini disimpan Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja Sultan Palembang Darussalam saat ini.

Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 H, SMB IV memperlihatkan jubah yang pernah dikenakan SMB II. Jubah tersebut panjangnya 1,5 meter, berwarna kuning oranye, motif bunga-bunga, berlengan panjang ada, pada bagian leher kanan ada yang robek. Jubah tersebut kini menjadi salah satu koleksi kuno yang di miliki Kesultanan Palembang Darussalam.

“Jubah ini milik SMB II, kita perlihatkan jubah ini memiliki motif bunga yang berbeda dan cukup indah pada masanya sehingga bisa dijadikan salah satu contoh atau salah satu warisan budaya yang kita miliki dari Kesultanan Palembang Darussalam”, kata SMB IV, Jumat (12/4).

× Image