Home > Politik

Ada Politik Gentong Babi di Pilkada?

Politik gentong babi adalah salah satu cara calon kepala daerah dan tim pendukungnya mencari dukungan dengan cara yang tidak etis.

Memberikan hak suara pemilu (ilustrasi) (FOTO: Republika/ Daan Yahya)
Memberikan hak suara pemilu (ilustrasi) (FOTO: Republika/ Daan Yahya)

Politik gentong babi dapat diartikan sebagai praktik manipulasi politik di mana para kandidat atau tim kampanye mereka mengandalkan kelompok-kelompok masyarakat tertentu—sering kali kelompok yang terpinggirkan atau marginal—untuk mendapatkan dukungan suara. Kelompok ini dijanjikan berbagai imbalan, seperti bantuan sosial atau akses terhadap sumber daya tertentu, sebagai imbalan atas dukungan suara mereka.

Politik gentong babi adalah salah satu cara calon kepala daerah dan tim pendukungnya mencari dukungan dengan cara yang tidak etis. Misalnya, datang berkampanye ke daerah tertentu dan menawarkan atau memberikan bantuan atau imbalan agar warga memilih mereka.

Selain broker politik, birokrasi dan politisi, praktik politik gentong babi juga melibatkan media massa. Media menjadi bagian dari praktik politik gentong babi, terutama jika mereka menerima pembayaran untuk mempromosikan kandidat tertentu. Dalam beberapa kasus, misalnya ada berita-berita negatif mengenai lawan politik dapat dipublikasikan secara tidak proporsional, yang akan menguntungkan kandidat tertentu.

Politik Uang Gentong Babi

Dalam praktiknya, apakah politik gentong babi sama dengan politik uang? Atau antara keduanya berbeda? Ada yang berpendapat politik gentong babi dan politik uang sama. Pendapat yang lain mengatakan politik gentong babi dan politik uang serupa tapi tak sama. Namun tetap saja bisa ditemukan ada beberapa perbedaan mendasar antara keduanya.

Politik uang diartikan sebagai praktik memberikan uang atau barang sebagai imbalan langsung kepada pemilih untuk mendapatkan suara mereka. Praktik ini melanggar aturan pemilu atau pilkada dan dianggap sebagai suap. Politik uang lebih bersifat transaksional dan terfokus pada imbalan finansial langsung. Politik uang bertujuan mendapatkan suara dengan cara yang cepat dan langsung. Dalam banyak kasus, pelaku politik uang tidak peduli dengan dampak jangka panjangnya terhadap masyarakat atau pemilih, asalkan mereka dapat memenangkan kontestasi.

× Image