Home > Bisnis

SKK Migas dan Medco EP Luncurkan Kapal Marlin Natuna ke Laut Natuna

Marlin Natuna merupakan proyek konversi kapal tanker pertama menjadi FPSO yang dilakukan di Indonesia

Konversi kapal tanker menjadi FPSO pertama di Indonesia ada di Batam oleh SKK Migas dan Medco E&P. (FOTO: Humas Medco)
Konversi kapal tanker menjadi FPSO pertama di Indonesia ada di Batam oleh SKK Migas dan Medco E&P. (FOTO: Humas Medco)

Ronald juga menjelaskan, “Ini merupakan proyek konversi FPSO pertama yang dilakukan sepenuhnya di Indonesia, oleh tenaga kerja Indonesia.” Deputi Eksploitasi SKK Migas Wahju Wibowo menyebutnya sebagai masterpiece oil and gas. “Memang ini yang pertama di Indonesia yang merupakan karya kita semua”, ujarnya.

FPSO Marina Natuna ini dibuat oleh galangan kapal dalam negeri yang ada di Batam. FPSO Marlin Natuna merupakan simbol inovasi dan kolaborasi yang luar biasa antara SKK Migas, Medco Energi dengan menggandeng PaxOcean Grup dan Hanochem Tiaka Samudera

Selain itu, proyek konversi FPSO pertama di Indonesia ini dikerjakan PT Hanochem Tiaka Samudera dan PT PaxOcean Batam tersebut mampu mencapai target TKDN (tingkat komponen dalam negeri) sebesar 80 persen dan dikerjakan 1.386 pekerja Indonesia atau 99 persen dari total tenaga kerja yang terlibat.

Menurut Wahju, “Ini membuktikan komitmen SKK Migas dan Medco E&P untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan mengembangkan industri nasional”. (maspril aries)

Catatan: FPSO adalah bangunan terapung yang digunakan oleh industri lepas pantai untuk pengolahan hidrokarbon dan untuk penyimpanan minyak.

× Image