Home > Budaya

Sultan Palembang Minta Calon Wali Kota Ratu Dewa Perhatikan Pelestarian Adat dan Budaya

Calon Wali Kota Palembang Ratu Dewa siap menandatangani pakta integritas soal kepedulian dan komitmen terhadap seni-budaya.
Sultan Palembang Darussalam SMB IV menerima kedatangan calon Wali Kota Palembang Ratu Dewa di Istana adat Kesultanan Palembang. (FOTO: Dok D Oskandar)
Sultan Palembang Darussalam SMB IV menerima kedatangan calon Wali Kota Palembang Ratu Dewa di Istana adat Kesultanan Palembang. (FOTO: Dok D Oskandar)

KINGDOMSRIWIJAYA, Palembang – Sultan Palembang Darussalam Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja, Ahad (29/9) menerima kedatangan salah calon Wali Kota Palembang yang akan berkompetisi pada Pilkada 2024.

Bertempat di istana adat Kesultanan Palembang Darussalam, SMB IV menerima kedatangan calon Wali Kota Ratu Dewa bersama tim pemenangannya.

SMB IV yang didampingi sejumlah kerabat Kesultanan Palembang Darussalam mengharapkan, siapa pun yang terpilih menjadi Wali Kota Palembang untuk lima tahun mendatang adalah pemimpin yang dapat memberikan sumbangsih yang baik terutama dalam bidang pelestarian adat dan budaya Palembang.

“Karena dengan pelestarian adat budaya, sektor pariwisata akan naik, PAD atau pendapatan asli daerah juga akan naik dan dapat menunjang ekonomi kreatif”, kata SMB IV.

Kepada calon Wali Kota Ratu Dewa, SMB dapat memperhatikan dan membuat regulasi yang berbasiskan adat , budaya di Palembang Darussalam.

“Harapan utama yang kita inginkan perlunya pembangunan heritage di Palembang yang bisa dinikmati oleh masyarakat misalnya dengan membuka Kraton Kuto Besak untuk masyarakat sehingga masyarakat bisa menikmati Kraton Kuto Besak dari dalam dan luar”, ujarnya.

SMB IV juga mengingatkan, bahwa identitas kota Palembang bukan hanya kulinernya saja yang enak tapi juga wisata di Palembang memberikan kenyamanan dan kenangan serta edukasi yang baik yaitu budaya dan sejarah. “Masyarakat harus tahu ini”, katanya.

Sementara itu Ratu Dewa menjelaskan program-program unggulan yang berfokus pada pelestarian dan pengembangan seni-budaya Palembang jika terpilih.

× Image