Home > News

Tim Fahmil Quran Sumsel Putra-Putri Lolos ke Final MTQ Nasional 2024

Bagi Sumsel capaian saat ini merupakan sejarah baru bagi tim Fahmil Alquran golongan putri dan putra maju ke babak final secara bersama di ajang MTQ Nasional.
Tim Fahmil Alquran putri Sumsel (kiri) bersaing pada babak semi final. (FOTO: Iklim Cahya/ Dok. LPTQ Sumsel)
Tim Fahmil Alquran putri Sumsel (kiri) bersaing pada babak semi final. (FOTO: Iklim Cahya/ Dok. LPTQ Sumsel)

KINGDOMSRIWIJAYA, Samarinda – Sejarah mencatat, untuk pertama kalinya tim putra dan putri kafilah Sumatera Selatan (Sumsel) lolos ke babak final cabang Musabaqah Fahmil Alquran (MFQ) pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional 2024 yang berlangsung di Kalimantan Timur.

Pada babak semifinal cabang MFQ yang berlangsung di Gedung Odah Obayah, Samarinda, Kamis 12 September 2024, tim putri Sumsel berhasil mengalahkan tim Fahmil Alquran dari Gorontalo dan Aceh.

Menurut Kabid Publikasi Lembaga Pengembangan Tilwatil Quran (LPTQ) Sumsel Iklim Cahya dari Samarinda, tim Fahmil Alquran putri Sumsel beranggotakan Bahja Mahmudah (juru bicara), Clara Asadin, dan Wanda Hamidah berhasil meraih poin tertinggi 1.910 poin dan maju ke babak final.

“Sementara tim Fahmil Alquran putra berhasil maju ke babak final setelah mengalahkan tim dari Kalimantan Selatan dan Sumatera. Tim Fahmil putra beranggotakan Ahmad Zain Ardilla sebagai juru bicara, Ahmad Azka Annabil dan Tanzil Ramadhan meraih poin tertinggi 1.880 jauh mengungguli lawan-lawannya.

“Dengan lolosnya tim Fahmil Alquran putra dan putri ke babak final MTQ Nasional di Samarinda ini merupakan sejarah. Kita doa bersama semoga tim putra dan putri bisa meraih juara cabang Fahmil Alquran”, kata Iklim.

Menurut Wakil Ketua Harian LPTQ Sumsel Ahmad Iskandar Zulkarnaen yang didampingi Sekretaris LPTQ, Agus Jaya, pelaksanaan babak final Fahmil Alquran putra dan putri akan berlangsung Sabtu 13 September 2024.

“Tim Fahmil Alquran putri Sumsel akan berhadapan dengan tim Fahmil tuan rumah Kalimantan Timur dan tim kuat dari Jawa Timur. Untuk tim Fahmil putra Sumsel akan bertemu tim tuan rumah Kaltim dan tim Fahmil dari Riau”, katanya.

× Image