Home > News

Tim Cabang Fahmil Alquran Putri Sumsel ke Semifinal MTQ Nasional

Tim Fahmil Alquran Sumsel menyisihkan tim Kalimantan Barat, Maluku dan Sulawesi Barat.
Tim Fahmil Alquran putri Sumsel yang lolos ke babak semifinal bersama pendamping (FOTO: Iklim Cahya/ Dok LPTQ)
Tim Fahmil Alquran putri Sumsel yang lolos ke babak semifinal bersama pendamping (FOTO: Iklim Cahya/ Dok LPTQ)

KINGDOMSRIWIJAYA, Samarinda – Hari Ketiga Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional di Kalimantan Timur, Rabu (11/9) kafilah Sumatera Selatan (Sumsel) turun pada cabang Fahmil Alquran putri dan lolos ke babak semifinal.

Iklim Cahya Kabid IT, Publikasi, dan Dokumentasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Sumsel menjelaskan, “Peserta cabang Fahmil Alquran golongan putri dari Sumsel pada MTQ Nasional XXX tahun 2024 alhamdulillah melaju ke babak semifinal setelah menang pada babak penyisihan”.

Menurut Iklim pada cabang Fahmil Alquran putri, tim Sumsel beranggotakan Bahja Mahmudah (juru bicara), Clara Asadin, dan Wanda Hamidah. “Pada babak penyisihan mereka berhasil menyisihkan tim tim Fahmil Alquran dari Kalimantan Barat, Maluku dan Sulawesi Barat.

Pada lomba cabang Fahmil Alquran, dewan hakim sebanyak tujuh orang membagi lomba dalam dua sesi. Sesi pertama, setiap regu mendapat 10 soal, lalu bila regu tersebut tidak bisa menjawab, maka soal akan dilempar ke regu lainnya. Sedangkan sesi kedua, dengan sistim soal secara rebutan.

“Pada akhir lomba tim Fahmil Alquran Sumsel meraih nilai tertinggi 1.725 poin, disusul tim Kalbar 1.000 poin, Maluku 215 poin, dan Sulbar hanya meraih 20 poin. Dengan hasil ini berhak maju ke babak semifinal”, ujar Iklim.

Sementara itu Wakil Ketua Harian LPTQ Sumsel Ahmad Iskandar Zulkarnaen sebagai pengamat lomba mengatakan, “Babak semifinal dijadwal berlangsung besok, atau Kamis 12 September 2024. Fahmil putri Sumsel akan berhadapan dengan tim Fahmil Alquran putri dari Provinsi Gorontalo, dan Aceh Darussalam”.

× Image