Home > Sosok

Anita Noeringhati Perempuan yang Tengah Menulis Sejarahnya

Anita Noeringhati tercatat dalam sejarah parlemen di Sumsel sebagai perempuan pertama yangt menjabat Ketua DPRD Sumsel sejak parlemen daerah ini terbentuk tahun 1951.

Penyerahan surat dukungan Partai Golkar pada pasangan Matahati untuk Pilkada 2024 oleh Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia. (FOTO: Dok Partai Golkar)
Penyerahan surat dukungan Partai Golkar pada pasangan Matahati untuk Pilkada 2024 oleh Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia. (FOTO: Dok Partai Golkar)

Setelah menggores tinta sejarah di panggung parlemen sebagai anggota legislatif, kini ibu dari dua anak – Aryuda Perdana Kusuma dan Ardhia Putri Kusuma – tengah menulis sejarahnya untuk menuju kiprah berikutnya di ranah eksekutif menjadi Wakil Gubernur Sumsel. Semoga jabatan ini bisa diraihnya, maka sejarah kembali mencatat ia sebagai perempuan pertama di Sumsel menjadi pucuk pimpinan di Pemerintah Provinsi Sumsel.

Benih karir politik Anita Noeringhati yang semula berprofesi sebagai advokat atau lawyer bermula saat mengenal sosok tokoh Alex Noerdin yang menjabat Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dalam kapasitasnya sebagai penasehat hukum.

Alex Noerdin yang kemudian terpilih sebagai Ketua DPD Partai Golkar Sumsel mengajak Anita menjadi pengurus bidang hukum Partai Golkar Sumsel. Saat musim pemilihan umum (Pemilu) 2009 tiba, Anita maju menjadi calon anggota DPRD Sumsel dari daerah pemilihan Palembang.

Hasilnya, Anita Noeringhati terpilih menjadi anggota DPRD Sumsel bersama 15 anggota DPRD Sumsel dari Partai Golkar yang berhasil terpilih dari daerah pemilihannya pada Pemilu 2009. Sejak dilantik pada 24 September 2009, istri dari Sigit Wibowo ini memulai kiprah politiknya di parlemen.

Kiprahnya sebagai anggota parlemen mampu menorehkan prestasi dan keberhasilannya bagi Sumsel. Prestasi tersebut ternyata mampu membuatnya kembali ke parlemen untuk lima tahun berikutnya. Pada Pemilu 2014 Anita kembali terpilih mewakili daerah pemilihan Palembang.

Untuk masa periode keduanya sebagai anggota DPRD Sumsel, selain sebagai Sekretaris Fraksi Partai Golkar, perempuan kelahiran Klaten, 28 Juli 1963 ini juga menjabat sebagai Sekretaris Komisi V DPRD Sumsel dan menjadi Ketua Fraksi Partai Golkar 2014 – 2019. Kemudian tahun 2017 – 2019 Anita Noeringhati menjabat Ketua Komisi IV DPRD Sumsel.

× Image