Home > Budaya

Tubaba Art Festival Festival Seni yang Keren dari Tulang Bawang Barat

Tubaba Art Festival termasuk dalam 110 even terbaik di Indonesia.
Tubaba Art Festival 2024. (FOTO: Instagram @tubabaartfestival)
Tubaba Art Festival 2024. (FOTO: Instagram @tubabaartfestival)

KINGDOMSRIWIJAYA – Letaknya berjarak sekitar 130 km dari Bandar Lampung ibu kota Provinsi Lampung, nama daerahnya Kabupaten Tulang Bawang Barat kerap disingkat Tubaba. Sebagai daerah adminitratif, Kabupaten Tubaba merupakan pemekaran dari Kabupaten Tulang Bawang.

Pemekaran daerah ini berdasarkan UU Nomor 50 Tahun 2008 tanggal 26 November 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Tulang Bawang Barat di Provinsi Lampung. Tanggal 3 April 2009 daerah menjadi daerah otonom yang diresmikan Menteri Dalam Negeri Mardiyanto atas nama Presiden RI.

Dari Kabupaten Tubaba, setiap tahun selalu digelar even kesenian bertajuk “Tubaba Art Festival”. Sebuah festival seni yang menampilkan beragam ekspresi seni dengan melibatkan berbagai komunitas seni yang ada di daerah itu juga artis, musisi, penari, koreagrafer dan penggiat seni yang berasal dari luar kabupaten tersebut. Mereka berkolaborasi menampil pementasan dan pertunjukan teater, tari, musik, seni rupa, sastra, hingga film. Juga ada workshop senin dan budaya yang dipusatkan Amphi Theatre Kota Budaya Ulluan Nughik.

Tubaba Art Festival 2024 yang festival ke 8 berlangsung 1 – 3 Agustus 2024 dan telah dibuka Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin di Amphitheater Kota Budaya Uluan Nughik, Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Pj Gubernur Samsudin mengapresiasi kegiatan tahunan dan gelaran istimewa bagi masyarakat Tulang Bawang Barat ini sebagai wadah bagi pengembangan kreativitas dan perekonomian lokal.

“Dengan penuh rasa bangga dan sukacita, saya menyambut kedatangan hadirin sekalian di Tubaba Art Festival ini. Saya berharap festival ini tidak hanya menjadi ajang apresiasi seni budaya tetapi juga menjadi wadah bagi pengembangan kreativitas dan perekonomian lokal”, katanya.

Perlu dicatat, Tubaba Art Festival telah masuk dalam agenda Karisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tubaba Art Festival tahun ini mengusung tema “Self and Space: Festivity From The Kitchen”.

× Image