Home > Bisnis

Agus Fatoni Memberi Brand (Merek Dagang) Kopi Sumsel

Penting sekali nama Kopi Sumsel mengingat daerah ini adalah penghasil kopi terbesar tidak hanya di wilayah Sumbagsel saja bahkan di Indonesia.
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni didampingi Ketua Kadin Sumsel Affandi Udji memberikan keterangan pers tentang brand
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni didampingi Ketua Kadin Sumsel Affandi Udji memberikan keterangan pers tentang brand "Kopi Sumsel". (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)

KINGDOMSRIWIJAYA – Sudah berbilang tahun, sudah berbilang gubernur memimpin Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), sampai kini (2024) belum ada satu merek dagang (trademark) atau brand (nama dari) produk kopi yang berasal dari Sumsel.

Entah apa penyebabnya? Berbeda dengan provinsi tetangga Lampung yang sudah lama memiliki brand untuk produksi kopinya yang bernama “Kopi Lampung.” Nama ini sudah dikenal luas, sama halnya dengan kopi lain dari Sumatera, seperti kopi Gayo dari Aceh, kopi Mandailing dan kopi Lingtong dari Sumatera Utara (Sumut), kopi Mangkuraja dari Bengkulu dan kopi Kerinci (Jambi).

Dari luar Sumatera ada kopi Kintamani dari Bali dan kopi Toraja atau Kalosi dari Sulawesi Selatan (Sulsel). Jika ingin diurutkan daftarnya masih panjang, ada kopi Luwak dan sebagainya. Kalau jenis kopi, secara umum dikenal empat jenis kopi yaitu kopi Arabika (Coffee Arabica), kopi Liberika (Coffee Liberica), kopi Robusta (Coffee Cannephora), dan kopi Excelsa (Coffee Dewevrei). Diantara keempat ini best of the best nya adalah kopi Liberika.

Di tengah tidak ada brand kopi dari Sumsel lalu datang Agus Fatoni Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel berinisiatif mempersiapkan brand kopi asal dari Bumi Sriwijaya. Saat menerima kunjungan Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Sumsel Affandi Udji terungkap keinginan untuk memberi nama atau brand kopi yang dihasilkan petani di Sumsel.

“Tanggal 11 Mei nanti kita rencanakan launching “Kopi Sumsel.” Tujuannya agar lebih dikenal luas bahkan mendunia. Sumsel menghasilkan berbagai jenis kopi”, kata Fatoni.

Menurutnya, “Penting sekali karena nama kopi Sumsel mengingat daerah ini adalah penghasil kopi terbesar tidak hanya di wilayah Sumbagsel saja bahkan di Indonesia. Selama ini yang orang justru lebih kenal kopi Lampung atau kopi Gayo dari Aceh”.

Peluncuran merek atau brand “Kopi Sumsel” akan menjadi rangkaian dari HUT ke-78 Provinsi Sumses, dan penetapan nama “Kopi Sumsel” akan ditetapkan melalui Peraturan Daerah.

× Image