Home > News

UKW Gratis PWI Pusat Berlanjut ke Riau

PWI Pusat sangat konsen terhadap UKW gratis untuk diadakan di 38 provinsi dan kota Surakarta sebagai cabang khusus. UKW terus berjalan hingga tuntas seluruhnya sampai Agustus atau September tahun 2024.
Peserta UKW Gratis PWI Pusat pada pembukaan di Pekanbaru, 23 April 2024. (Dok. PWI Pusat)
Peserta UKW Gratis PWI Pusat pada pembukaan di Pekanbaru, 23 April 2024. (Dok. PWI Pusat)

KINGDOMSRIWIJAYA, Pekanbaru – Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis yang telah diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di beberapa daerah kini berlanjut di Provinsi Riau. Selama dua hari, 23 – 24 April 2024 PWI Pusat menyelenggarakan UKW muda, madya dan utama.

UKW yang berlangsung di Hotel Prime Park, Pekanbaru pada pembukaan dihadiri Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Pj Gubernur Riau diwakili Asisten III Setdaprov Riau Elly Wardani, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik), Ikhwan Ridwan, Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto, dan pengurus PWI Provinsi Riau.

Dalam keterangan pers PWI menyebutkan, pada pembukaan UKW, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menyampaikan bahwa framing media itu penting, di samping manajemen media, yang harus dikelola dengan baik. “Berbanggalah menjadi jurnalis, karena jurnalis itu orang cerdas atau orang-orang yang memiliki intelektualitas”, katanya.

Kepada peserta Irjen Iqbal juga mengatakan, “Wartawan harus berbangga dapat mengikuti uji kompetensi ini, karena dalam suatu profesi ada namanya uji kompetensi, dan untuk mengukur maka kompetensinya harus diuji. Semakin profesional seorang wartawan tersebut, maka dia akan semakin bertanggung jawab”.

Jendral polisi bintang dua yang pernah menjabat Kepala Divisi Humas Polri mengingatkan, “Tulisan itu bisa mengoyah stabilitas politik dan keamanan jadi perananan jurnalistik itu sangat penting, sebagai pilar keempat demokrasi. Saya sebagai Kapolda sangat bangga di tengah-tengah rekan-rekan wartawan”.

Jendral polisi kelahiran Palembang itu meminta kepada para wartwan untuk terus lakukan kritik, lakukan kontrol sosial. “Framing itu penting sebab media itu harus sebagai penyeimbang”.

Sementara itu Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun menjelaskan, UKW ini merupakan program unggulan PWI Pusat. Sampai di Riau ini uji kompetensi PWI sudah dilaksanakan sebanyak ke 12 kali, dan akan dilanjutkan ke provinsi lainnya.

× Image