Home > Politik

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Dua Kali Jadi Guru Pendidikan Politik Gen-Z

Di Sumsel pada Pemilu 2024 ada sebanyak 18,84 persen atau sebanyak 1.192.024 orang pemilih merupakan generasi Z atau pemilih pemula.

Empat pelajar atau pemilih Gen-Z membacakan pernyataan pada pendidikan politik dengan didampingi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni.
Empat pelajar atau pemilih Gen-Z membacakan pernyataan pada pendidikan politik dengan didampingi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni.

Kedua dari penelitian Fitri Yeni dalam “Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden 2009 Di Kecamatan Padang Utara Kota Padang” (2011). “Selain itu pemilih pemula pemilih pemula juga rentan golput. Kelompok pemilih pemula adalah kelompok yang lebih kritis dibanding kelompok lainnya sehingga berpeluang menjadi golput, karena banyak diantara pemilih pemula bingung untuk menggunakan hak pilih mereka dalam pemilu”.

Pada materi pendidikan yang disampaikan Agus Fatoni pada Gen-Z di Sumsel telah memperingatkan agar para pemilih pemula tersebut tidak golput dan menghindari politik uang atau money politics.

Selain tidak adanya pendidikan politik dari partai politik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang juga diharapkan melaksanakan pendidikan politik yang serius juga belum banyak. Para calon pemilih dari Gen-Z atau pemilih pemula lebih banyak mendapat pendidikan politik dari media massa, sesama teman, orang tua, atau guru di sekolah dan juga media sosial.

Di Indonesia pada pemilu juga pemilihan kepala daerah (pilkada) pasca reformasi, partisipasi politik masih belum bisa dikatakan tinggi. Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti banyak masyarakat yang memilih menjadi golput pada waktu pemilu.

Salah satu upaya mengurangi golput adalah dengan menyelenggarakan pendidikan politik kepada masyarakat khususnya pemilih pemula atau Gen-Z seperti yang lakukan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni yang mengajak mereka untuk menggunakan hak pilihnya.

Generasi Z atau Gen-Z adalah calon pemilih pemula pada Pemilu 2024, dengan pendidikan politik mereka akan menjadi generasi yang melek politik terhadap situasi politik bangsa dan negaranya serta memahami mengenai pentingnya partisipasi politik pada Pemilu 2024.

“Tunjukkan cintamu pada negeri, datanglah ke tempat pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Gunakan hak pilihmu coblos pemimpin masa depan kita”, pesan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni kepada Gen-Z yang ada di bumi Sriwijaya. (maspril aries)

× Image