Home > Lingkungan

Sumsel Dapat Bantuan Operasional Darurat Banjir dari BNPB Rp1,85 Miliar

BNPB dapat terus memprioritaskan bantuan ke Sumsel karena dapat membantu daerah.

Daftar bantuan dana siap pakai yang diberikan BNPB untuk penanganan bencana banjir di Sumsel. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel).
Daftar bantuan dana siap pakai yang diberikan BNPB untuk penanganan bencana banjir di Sumsel. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel).

Fatoni juga berharap ke depan BNPB dapat terus memprioritaskan bantuan ke Sumsel karena dapat membantu daerah. “Kita juga intens dengan swasta, dan Alhamdulillah semua bagus. Begitupun saat ada bencana banjir, kebersaman kita utamakan, mobilisasi bantuan bergerak memberikan pertolongan. Namun kita tetap butuh bantuan”, ujarnya.

Sementara itu Deputi Logistik dan Peralatan BNPB RI Lilik Kurniawan menjelaskan tujuannya bertemu dengan Pj Gubernur Sumsel adalah untuk memastikan penanganan banjir sudah berjalan sesuai standar dan memastikan masyarakat terdampak dapat memenuhi kebutuhannya.

“Kita tanya kawan di BPBD mereka kadang minim dan darurat bensin masih susah. Untuk itu semua kita berikan dana awal Rp150 juta kecuali Muba dan Muratara Rp250 juta karena masih banjir”, kata Kurniawan.

Lilik Kurniawan juga menyampaikan rencana BNPB yang ingin membuat master plan penanganan banjir secara komprehensif dari hulu ke hilir dengan melibatkan akademisi, perusahaan, Ormas, NGO, relawan dan lainnya. BNPB juga berencana membuat cluster seperti di Tokyo Crisis Center yang akan memudahkan penanganan berbagai bencana. (maspril aries)

× Image