Home > Lingkungan

Sumsel Dapat Bantuan Operasional Darurat Banjir dari BNPB Rp1,85 Miliar

BNPB dapat terus memprioritaskan bantuan ke Sumsel karena dapat membantu daerah.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Lilik Kurniawan. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Lilik Kurniawan. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)

Kepada Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Penjabat (Pj) Gubernur Agus Fatoni menjelaskan, kondisi Sumsel saat ini cenderung rawan banjir dan longsor serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan atensi BNPB yang sudah diberikan untuk Sumsel termasuk untuk kabupaten dan kota. Bantuan ini tentu sangat bermanfaat bagi kami”, kata Fatoni yang didampingi Asisten I Pemprov Sumsel Edward Candra dan Kepala BPBD Iqbal Alisyahbana.

Menurut Fatoni, Pemerintah Provinsi Sumsel masih memiliki anggaran untuk penanggulangan bencana melalui Belanja Tidak Terduga (BTT). Sehingga dalam melakukan penanganan bencana seperti sebelumnya karhutla (kebakaran hutan dan lahan) masing-masing daerah lebih leluasa bergerak.

“Penanganan bencana karhutla di Sumsel banyak mendapat apresiasi. Sumatera Selatan diundang untuk paparan tentang keberhasilan penanganan karhutla pada COP 28 yang berlangsung di Dubai 30 November – 12 Desember 2023,” ujar Fatoni.

Pj Gubernur Sumsel juga menyampaikan bahwa penanganan bencana membutuhkan kekompakan dari seluruh pihak. “Oleh karena itu, sejak menjabat sebagai Pj Gubernur Sumsel pada 2 Oktober 2023, langsung mengumpulkan Forkopimda untuk bersinergi menanggulangi karhutla".

× Image