Home > Literasi

Palembang Book Party ke SMAN 18 Menggerakkan Literasi

Kegiatan literasi dapat membangun budaya literasi yang kuat di kalangan siswa dan guru, menjadikan membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan dan rutin.
Komunitas Palembang Book Party bersama penulis Lely Mela Sari dan siswa/ siswi SMAN 18 Palembang pada Dallas Book Festival. (FOTO: Dok. Riyadi Oyad).
Komunitas Palembang Book Party bersama penulis Lely Mela Sari dan siswa/ siswi SMAN 18 Palembang pada Dallas Book Festival. (FOTO: Dok. Riyadi Oyad).

KINGDOMSRIWIJAYA, Palembang -- Ada banyak cara menggerakan literasi di tengah masyarakat, salah satunya dilakukan komunitas Palembang Book Party (PlbBP) dengan berkunjung ke SMAN 18 Palembang. Menggandeng Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel anggota komunitas ini hadir pada kegiatan literasi bertajuk “Dallas Book Festival”, Jumat (27/9).

“Pada kegiatan literasi di SMAN 18 Palembang Book Party mengajak penulis perempuan Palembang Lely Mela Sari yang baru menerbitkan buku kumpulan puisinya berjudul Hujan yang Hilang”, kata Riyadi Oyad Penanggung Jawab (PJ) Palembang Book Party, Sabtu (28/9).

Sebagai bagian gerakan literasi menurut Oyad, kegiatan yang berlangsung di bawah tenda di lapangan SMAN 18 bertujuan untuk menormalisasikan kebiasaan membaca di lingkungan sekolah dan meningkatkan minat baca siswa.

Acara berlangsung semarak, para siswa yang sebagian besar dari kelas X diajak untuk membaca berbagai buku, mulai dari fiksi hingga non-fiksi, serta menikmati pembacaaan puisi sertai diskusi bersama penulis perempuan yang akrab disapa “Ayi”.

Oyad mengharapkan, kegiatan literasi yang berlangsung pada sekolah yangh beralamat di Jalan Mayor Ruslan, Palembang tersebut dapat membangun budaya literasi yang kuat di kalangan siswa dan guru, menjadikan membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan dan rutin.

× Image