Home > News

MTQ Nasional 2024: Sumsel Raih Juara I Fahmil Quran Putri dan Juara II Fahmil Quran Putra

Tim Fahmil Quran putri Sumsel pertama kali masuk ke babak final selama ikut MTQN dan mencatat sejarah baru langsung menjadi juara pertama.
Tim Fahmil Quran Putra Sumsel (kanan/ regu C) Harus puas menjadi juara II pada MTQ Nasional 2024 di Samarinda, Kaltim. (FOTO: Iklim Cahya/ Dok. LPTQ Sumsel)
Tim Fahmil Quran Putra Sumsel (kanan/ regu C) Harus puas menjadi juara II pada MTQ Nasional 2024 di Samarinda, Kaltim. (FOTO: Iklim Cahya/ Dok. LPTQ Sumsel)

KINGDOMSRIWIJAYA, Samarinda – “Alhamdulillah cabang Fahmil Quran putri menyumbang medali emas pertama (juara 1) untuk Sumsel pada MTQ Nasional XXX Tahun 2024 di Samarinda, Kaltim”, tulis Iklim Cahya Ketua Bidang IT dan Publikasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumatera Selatan (Sumsel) di laman media sosial.

Kabar gembira tersebut ia sampaikan setelah Tim Fahmil Quran Putri Sumsel beranggotakan Bahja Mahmudah (juru bicara), Clara Asadin, dan Winda Hamidah berhasil meraih poin tertinggi 2055 pada babak final dengan mengalahkan tim tuan rumah Kalimantan Timur dan Jawa Timur.

Sementara tim Fahmil Quran putra yang terdiri dari Ahmad Zain Ardilla, Ahmad Azka Annabil, serta Tanzil Ramadhan, harus puas sebagai juara kedua atau runner up pada babak final yang berlangsung di Gedung Obah Obaya Samarinda, Sabtu 14 September 2024.

Menurut Iklim, babak final cabang Fahmil Quran diawali dengan cabang Fahmil Quran putri yang berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama yakni pertanyaan untuk masing-masing regu sebanyak 15 soal. Pada sesi ini nilai yang dikumpulkan setiap regu relatif berimbang. “Pada sesi dua berupa soal rebutan, juga sebanyak 15 soal. Pada soal rebutan ini, tim Sumsel dengan cepat meninggalkan dua pesaingnya, dan akhirnya keluar sebagai juara pertama”, katanya.

Sementara tim Fahmil Quran putra Sumsel pada babak final berhadapan dengan tim fahmil tuan rumah Kaltim dan tim fahmil Riau. Pada cabang Fahmil Quran putra tim tuan rumah Kaltim unggul dan keluar sebagai juara pertama, tim Fahmil Quran Sumsel sebagai runner up dan tim Fahmil Quran Riau juara tiga.

Bagi tim Fahmil Quran putra Sumsel, prestasi kali sama seperti pada MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan tahun 2022 lalu, masuk final dan menjadi juara kedua, kalah dari tim fahmil dari Jawa Timur. Sementara tim fahmil putri, untuk pertama kali masuk ke babak final, selama ikut MTQN dan mencatat sejarah baru langsung menjadi juara pertama.

× Image