Home > Kuliner

Rendang Makan Terlezat di Dunia Rebutan Empat Negara

Worlds Best 50 Food versi CNN Travel, rendang sejak 2011 sudah berulangkali menduduki peringkat pertama sebagai kuliner terbaik di dunia.

Kuliner rendang siap saji. (FOTO: Safira Yasmin)
Kuliner rendang siap saji. (FOTO: Safira Yasmin)

Rendang adalah salah satu kuliner Indonesia yang otentik dengan cita rasa yang khas, gurih dan kaya dengan rempah-rempah sehingga untuk mengolah kuliner rendang membutuhkan keahlian dalam mengolah kuliner rendang.

Rendang adalah kuliner atau masakan olahan daging sapi Indonesia yang berasal dari Minangkabau (Provinsi Sumatera Barat). Rendang dibuat dengan bahan-bahan daging sapi, kelapa, dan berbagai bumbu rempah. Atau empat bahan utama membuat rendang adalah daging (dagiang), cabai (lado), kelapa (karambia), dan rempah-rempah campuran lainnya (pemasak). Proses memasaknya membutuhkan waktu 6 – 8 jam yang melewati tiga proses bentuk dan wujudnya yaitu gulai, kalio, lalu baru menjadi rendang.

Rendang dalam masyarakat Minangkabau makna yang tersirat sekaligus menjadi bagian simbol tatanan sosial. Daging adalah simbol pemimpin (Niniak Mamak), cabai adalah simbol dari ulama Islam (Alim Ulama), kelapa adalah simbol intelektual (Cadiak Pandai), dan rempah-rempah campuran lainnya (pemasak) adalah simbol dari masyarakat majemuk Minangkabau.

Banyak negara di dunia gencar mempromosikan produk budaya dan kulinernya ke negara lain melalui gastrodiplomasi sebagai upaya meningkatkan citra positif, nation branding dan mempromosikan negaranya ke dunia internasional. Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga melakukann itu

Gastrodiplomacy adalah suatu upaya pemerintah untuk memperkenalkan budaya dan kuliner di negara lain dengan dengan tujuan untuk membangun citra positif di masyarakat internasional.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, gastrodiplomacy yang diadopisi menjadi “gas.tro.di.plo.ma.si” adalah diplomasi yang menggunakan makanan sebagai media untuk meningkatkan citra dan membentuk reputasi tertentu bagi sebuah negara dalam kancah internasional

Dalam prakteknya gastrodiplomasi berpromosi bersamaan dengan dukungan media massa dan media sosial. Jika ada acara festival kuliner disuatu negara tertentu agar masyarakat internasional dapat secara langsung merasakan kuliner tanpa harus mengunjungi negara tersebut.

× Image