Home > Eduaksi

Guru Besar Joni Emirzon Jabat Dekan FH Unsri 2024 - 2028

Joni Emirzon mengusung visi menjadikan FH Unsri sebagai Fakultas Hukum yang unggul, kompetitif, inovatif berwawasan global berbasis riset dalam menghasilkan lulusan berkualitas, bermoral, berbudaya, dan professional di bidang hukum.

Joni Emirzon (tengah) mengucapkan sumpah jabatan sebagai Dekan FH Unsri. (FOTO: Tangkapan Layar FH Unsri TV)
Joni Emirzon (tengah) mengucapkan sumpah jabatan sebagai Dekan FH Unsri. (FOTO: Tangkapan Layar FH Unsri TV)

Menurut Damawan, melihat perkembangan universitas-universitas lain tidak terlepas dari peran alumninya. “Para alumni tentu akan sangat antusias bila diinformasikan tentang program utama dari Unsri termasuk program FH Unsri”, katanya.

“Paling tidak ada program2 yang nyata untuk kita mulai menaikan ranking Universitas sriwijaya, paling tidak menjadi nomor satu di Sumatera. Setelah itu secara nasional kita melihat potensi ranking Universitas Sriwijaya secara nasional ke atas”, ujar Darmawan yang juga alumni FH Unsri satu angkatan dengan Joni Emirzon.

Rekor Muri

Joni Emirzon yang lahir di Pagaralam, 17 Juni 1966 adalah seorang dosen yang mendapat penghargaan MURI tahun 2021 sebagai pengagas menulis dan launching buku terbanyak yaitu 55 buku bidang Ilmu Hukum. Sebagai dosen FH Unsri, Joni juga mengasuh beberapa mata kuliah seperti hukum dagang/bisnis, hukum perusahaan, kontrak, pasar modal, perbankan/ lembaga pembiayaan.

Joni Emirzon yang lulus dari Magister Ilmu Hukum KPK USU-UGM dan Program Doktor Ilmu Hukum Undip di FH Unsri sempat memegang sejumlah jabatan sebagai Ketua Bagian Hukum Keperdataan, Sekretaris S2 dan S3 Ilmu Hukum, Ketua Program Doktor Ilmu Hukum FH Unsri, Ketua BANI Perwakilan Palembang. (2017-Sekarang), Arbiter Badan Nasional Indonesia (BANI) (2008- sekarang), Mediator dan Arbiter LAPS-SJK (OJK), Mediator IMAC (2019-sekarang), Ketua Magister Kenotariatan FH Universitas Sriwijaya (2023-2024), juga sebagai Asesor Sertifikasi Dosen Dikti Depdikbud sampai sekarang.

Sebagai Guru Besar Hukum Keperdataan Hukum Dagang/Bisnis sejak tahun 2008, Joni Emirzon adalah dosen yang produktif menulis dan menerbitkan buku-buku ilmiah. Sejak tahun 1998 sudah ada 27 judul buku yang terbit. Buku pertama yang terbit tahun 1998 berjudul “Dasar-Dasar dan Teknik Penyusunan Kontrak”.

Kemudian tahun 2021 menerbitkan tiga buku berjudul “Pembaharuan Hukum Nasional Indonesia di Era Industri 4.0: Pokok-pokok Pemikiran Guru Besar Ilmu Hukum” (Jilid 1). “Pembaharuan Hukum Nasional Indonesia di Era Industri 4.0 dan Era Globalisasi Ekonomi” (Jilid 2) dan “Pembaharuan Hukum Nasional Indonesia di Era Industri 4.0: Beberapa Catatan UU Cipta Kerja” (Jilid 3). (maspril aries)

× Image