Home > Eduaksi

22 Penerima Beasiswa Bidiksiba PTBA Mulai Kuliah di 3 PTN

PTBA memberikan beasiswa kepada 22 orang mahasiswa yang diterima diterima di tiga perguruan tinggi negeri atau PTN.

Pelepasan mahasiswa penerima Beasiswa Bidiksiba PTBA tahun 2024. (FOTO: Humas PTBA)
Pelepasan mahasiswa penerima Beasiswa Bidiksiba PTBA tahun 2024. (FOTO: Humas PTBA)

Sebanyak 183 peserta dari Unit Pertambangan Tanjung Enim dan Unit Dermaga Kertapati mengikuti psikotes dan tes bahasa Inggris pada 20-21 Februari 2024. Disusul 32 peserta dari Unit Pertambangan Ombilin pada 24 Februari 2024, dan 25 peserta dari Unit Pelabuhan Tarahan pada 26 Februari 2024.

Menurut Ketua Program Bidiksiba tahun 2024 Laurentius Agus Haryadi, proses seleksi dilakukan sebagai langkah awal yang penting dalam mendorong kemajuan masyarakat di sekitar wilayah operasi PTBA melalui bidang pendidikan.

“Dengan membuka kesempatan kepada siswa-siswi dari keluarga prasejahtera untuk meraih pendidikan, rantai kemiskinan dapat diputus. Kami berharap program beasiswa ini memberikan dampak positif bagi masa depan para peserta dan masyarakat secara luas”, katanya.

Program Bidiksiba bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat dari keluarga prasejahtera di sekitar perusahaan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi (Diploma Tiga atau D-III). Sejak 2013 hingga 2023 sudah ada 345 orang penerima Beasiswa Bidiksiba PTBA. Sebanyak 102 orang di antaranya berstatus mahasiswa dan 243 orang berstatus alumni. Para alumni ini telah mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang usaha.

Nadila Devani Alensi, salah satu peserta Bidiksiba 2024 yang diterima di Program D3 Administrasi Bisnis Polsri, mengaku bersyukur dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi berkat adanya Program Bidiksiba.

Nadila yang berasal Kelurahan Karang Asem di Kabupaten Muara Enim bertekad memanfaatkan kesempatan yang diperolehnya dari Program Bidiksiba PTBA untuk memperbanyak ilmu, wawasan, serta pengalaman.

“Program Bidiksiba ini sangat bagus untuk kami yang kesulitan biaya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Saya harap setelah lulus, saya bisa sukses dan berguna bagi nusa dan bangsa, serta bagi Bukit Asam. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bukit Asam yang telah membantu kami dengan beasiswa Bidiksiba ini”, ujarnya.

PTBA berkomitmen mendukung pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan merata untuk masyarakat. Program Bidiksiba merupakan salah satu upaya PTBA untuk mewujudkan hal tersebut.

Program Bidiksiba bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat dari keluarga prasejahtera di sekitar perusahaan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi (Diploma Tiga atau D-III).

PTBA untuk melaksanakan Progam Beasiswa Bidiksiba menjalin kerja sama dengan Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Malang, dan Politeknik Negeri Lampung.

× Image