Home > Bisnis

Edward Candra Mendongkrak Sumsel dengan Manajemen Talenta

Manajemen talenta merupakan implementasi dari strategi-strategi atau sistem-sistem yang terintegrasi untuk meningkatkan kondisi lingkungan kerja.
Pj Sekda Sumsel Edward Candra sambutan pada kegiatan Manajemen Talenta. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)
Pj Sekda Sumsel Edward Candra sambutan pada kegiatan Manajemen Talenta. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)

KINGDOMSRIWIJAYA – Belum lagi sepekan menjabat sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel), Edward Candra yang bari dilantik untuk jabatan barunya oleh Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi, 19 Juli 2024, pada Senin (22/7) langsung menggebrak melakukan sentuhan penataan pada manajemen pemerintahan di lingkungan pemprov setempat.

Edward hadir di tengah lingkungan ASN (Aparatur Sipil Negara) Pemprov Sumsel yang berkumpul pada sebuah hotel berbintang di Palembang untuk mengikuti kegiatan “Manajemen Talenta di Lingkungan Pemprov Sumsel Tahun 2024”. Selain membuka kegiatan tersebut, Edward juga menyampaikan pengarahannya.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi salah satu strategi Pemprov Sumsel dalam meningkatkan kualitas manajemen SDM (Sumberdaya Manusia) di lingkungan Pemerintahan Daerah. “Salah satu strategi peningkatan kualitas manajemen SDM di lingkungan pemerintahan daerah adalah menerapkan Manajemen Talenta”, katanya.

Edward yang pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Humas saat bertugas di Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menjelaskan bahwa Manajemen Talenta merupakan salah satu metode pengelolaan SDM yang dikembangkan untuk mencari, mengelola, mengembangkan dan mempertahankan Aparatur Sipil Negara terbaik yang dipersiapkan sebagai calon pemimpin masa depan dalam rangka mendukung pencapaian visi, misi, dan strategi organisasi dalam jangka panjang.

Pj Sekda tersebut menyampaikan bahwa Pemprov Sumsel melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sebagai perangkat daerah yang melaksanakan manajemen ASN terus melakukan perubahan menuju perbaikan organisasi, baik perbaikan tugas dan mutu pelayanan kepada masyarakat, maupun mewujudkan tata kelola yang baik di internal melalui kinerja dan pelayanan publik, meliputi peningkatan kualitas SDM, penempatan SDM yang kompeten pada tempat dan waktu yang sesuai, sistem pola karier yang jelas dan terukur, pengelolaan SDM berbasis kompetensi, serta keakuratan dan kecepatan penyajian informasi SDM sesuai kebutuhan organisasi.

Menurut Pj Sekda Edward Candra, dalam rangka memenuhi kebutuhan ASN yang profesional guna menduduki jabatan strategis, Pemprov Sumsel melalui Badan Kepegawaian Daerah yang bekerja sama dengan Kantor Regional VII BKN Palembang mencari kelompok orang-orang yang bertalenta dan disebut sebagai talent pool, yaitu sekelompok orang yang telah diidentifikasi dapat dikembangkan dalam jangka waktu tertentu dan diperlakukan sebagai suatu investasi bagi organisasi. “ASN yang memiliki talenta juga disebut sebagai talent. Identifikasi ASN yang bertalenta dilakukan melalui uji kompetensi”, ujarnya.

× Image