Home > Politik

Elen Setiadi ke Sumsel, Agus Fatoni ke Sumut dan Hassanudin ke NTB

Akan ada pergantian tiga jabatan kepala daerah atau Penjabat (Pj) Gubernur, yaitu Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) dan Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Agus Fatoni Pj Gubernur Sumsel yang akan menjabat Pj Gubernur Sumut. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)
Agus Fatoni Pj Gubernur Sumsel yang akan menjabat Pj Gubernur Sumut. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)

Agus Fatoni Kelahiran Lampung

Pj Gubernur Sumut yang baru sebelum menjadi PJ Gubernur Sumsel sejak 2 Oktober 2023 adalah Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri. Jabatan kali ini sebagai Pj Gubernur disandangnya untuk ketiga kali.

Agus Fatoni yang lahir di Bahuga, Provinsi Lampung pada 6 Juni 1972 pernah ditunjuk sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) pada 26 September 2020 – 5 Desember 2020.

Fatoni lulus dari Diploma III Pemerintahan STPDN Jatinangor, Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta dan Doktor Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran memulai karirnya sebagai PNS Pusat pada Kantor PMD Prov Dati I Lampung tahun 1994, lalu sempat menjadi Ajudan Gubernur Lampung tahun 1995 yang saat itu dijabat Gubernur Poedjono Pranyoto.

Setelah menyelesaikan pendidikan S2 (Strata Dua) dari Universitas Padjadjaran, Agus Fatoni berkarir di Departemen Dalam Negeri (sekarang Kementerian Dalam Negeri). (maspril aries)

× Image