Home > Eduaksi

Kuliah Gratis di AKIPBA Masih Buka Pendaftaran Sampai 24 Juni 2024

AKIPBA didirikan oleh PT Bukit Asam (PTBA) Tbk, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk (TINS), PT Antam Tbk (ANTM) yang tergabung dalam Grup MIND ID, membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025.

Amanda Syafira Lulusan AKPBA yang sekarang bekerja di PTBA. (Humas PTBA)
Amanda Syafira Lulusan AKPBA yang sekarang bekerja di PTBA. (Humas PTBA)

Adalah Amanda Syafira lulusan AKIPBA yang kini bekerja di PTBA berbagi pengalamannya. Amanda berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi lulus SMA tahun 2019 ia bertekad untuk meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi. Dengan kondisi ekonomi yang terbatas Amanda berusaha mencari beasiswa. Dari media sosial ia mendapat informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru AKIPBA. Perempuan asal Tanjung Enim ini pun memberanikan diri untuk mendaftarkan diri.

“Saya ingin sekali kuliah, tapi ayah saya seorang buruh dengan penghasilan pas-pasan tidak cukup untuk membiayai saya ke jenjang pendidikan lebih tinggi makanya saya harus mencari beasiswa. Akhirnya saya mencoba mendaftarkan diri untuk mengikuti program AKIPBA tahun 2019. Alhamdulillah diterima”, katanya.

Setelah melewati tahapan seleksi dari tes akademik, psikotes, wawancara, survei oleh tim panitia penerimaan mahasiswa baru langsung ke rumah, hingga tes kesehatan. “Hasilnya, saya lolos seleksi. Saat itu saya mengambil program studi Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara”, ujarnya.

keluarga tak menghalangi Amanda Syafira untuk mengenyam pendidikan tinggi. Sebab, Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA) membuka kesempatan bagi siswa-siswi dari keluarga prasejahtera di sekitar wilayah operasi PT Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk dapat mengenyam pendidikan lebih tinggi dengan skema beasiswa.

Lulus SMA pada 2019, Amanda bertekad untuk meneruskan pendidikan ke jenjang selajutnya. Untuk mewujudkan mimpinya ia giat mencari beasiswa untuk kuliah. Dari media sosial, ia mendapat informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru AKIPBA. Perempuan asal Tanjung Enim ini pun memberanikan diri untuk mendaftarkan diri.

"Saya ingin sekali kuliah, tapi karena ayah saya seorang buruh dengan penghasilan pas-pasan tidak cukup untuk membiayai saya ke jenjang pendidikan lebih tinggi oleh karenanya saya harus mencari beasiswa, kebetulan pada saat saya browsing di media sosial saya mendapatkan informasi tentang AKIPBA. Akhirnya saya mencoba mendaftarkan diri untuk mengikuti program AKIPBA di tahun 2019," kata Amanda.

× Image