Home > News

Idul Adha 1445 H PTBA Salurkan 196 Ekor Sapi dan 65 Ekor Kambing di Sumsel, Sumbar dan Lampung

Penyaluran hewan kurban rutin dilakukan PTBA Tbk setiap tahun sebagai wujud nyata kepedulian perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar.

Penyerahan bantuan hewan kurban sapi seacra simbolis dari PT Bukit Asam Tbk. (FOTO: Humas PTBA)
Penyerahan bantuan hewan kurban sapi seacra simbolis dari PT Bukit Asam Tbk. (FOTO: Humas PTBA)

Sementara itu pengurus Masjid Jami' Bukit Asam, Ustaz Zarkoni, memberikan apresiasi atas kepedulian PTBA kepada masyarakat sekitar.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif Bukit Asam dalam kegiatan sosial seperti ini. Ini adalah bentuk sinergi yang baik antara perusahaan dan masyarakat yang tentunya sangat bermanfaat bagi kita semua”, katanya.

Selain memberikan bantuan hewan kurban, sebelumnya Panitia Idul Adha PTBA telah menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban yang berlangsung di Masjid Jami’ Bukit Asam, Tanjung Enim. Pelatihan untuk mempersiapkan tenaga penyembelih hewan kurban atau juru sembelih pada Hari Raya Idul Adha.

Menurut Effri, pelatihan penyelembelihan tahun ini diikuti oleh 123 orang peserta, terdiri dari 106 pengurus masjid dan 17 perwakilan pondok pesantren serta panti asuhan di sekitar area operasi PTBA.

“Pelatihan ini diadakan dengan tujuan memberikan pemahaman mendalam tentang fikih kurban dan teknik pemotongan hewan yang sesuai dengan syariat. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kualitas pelaksanaan kurban di sekitar wilayah operasional PTBA”, katanya.

Pelatihan penyembelihan menghadirkan nara sumber kompeten, Ustaz Oki Purwanto dari Kantor Urusan Agama (KUA). Materi yang sampaikan, tentang fikih kurban, kemudian Slamet dari Dinas Peternakan yang menjelaskan tentang kesehatan dan kesejahteraan hewan kurban, serta Ustaz Zarkoni dari Juleha (Juru Sembelih Halal) yang memandu praktik pemotongan hewan kurban.

“Pemahaman yang benar tentang fikih kurban sangat penting agar ibadah ini dapat dilaksanakan sesuai dengan tuntunan agama. Pelatihan ini membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta”, kata Ustaz Oki.

Sementara itu Slamet dari Dinas Peternakan memberikan wawasan mengenai standar kesehatan hewan kurban, mulai dari pemilihan hewan yang sehat hingga teknik pemeriksaan sebelum penyembelihan.

Pelatihan juga dilaksanakan praktik pemotongan hewan kurban oleh Ustaz Zarkoni mengajarkan teknik pemotongan yang halal dan higienis. “Melalui praktik langsung ini, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat saat pelaksanaan kurban nanti”, kata Zarkoni. (maspril aries)

× Image