Home > Bisnis

Sumbang Devisa Ekspor Terbesar, PT OKI Pulp Paper Mills Raih Penghargaan dari Bea dan Cukai

Tahun 2023 PT OKI Pulp Paper Mills nilai ekspor 1,381 miliar dolar AS, memberikan kontribusi sebesar 21,04 persen dari total nilai ekspor Sumsel.

Kuasa Direksi PT OKI Pulp & Paper Mills Gadang Hartawan menerima penghargaan dari Andri Waskito Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Palembang. (FOTO: Dok. PT OKI Pulp)
Kuasa Direksi PT OKI Pulp & Paper Mills Gadang Hartawan menerima penghargaan dari Andri Waskito Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Palembang. (FOTO: Dok. PT OKI Pulp)

Tahun 2023 PT OKI Pulp & Paper Mills berhasil mencapai nilai ekspor sebesar 1,381 miliar dolar AS, yang memberikan kontribusi sebesar 21,04 persen dari total nilai ekspor Sumatera Selatan. “Ini menjadikan PT OKI Pulp & Paper Mills sebagai penyumbang devisa terbesar di Sumsel sekaligus menunjukkan peran penting perusahaan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah”, ujarnya.

Berdasarkan catatan “Sumatera Selatan dalam Angka Tahun 2024” dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sumsel, ekspor bubur kertas atau pulp merupakan komoditas terbesar kedua setelah ekspor komoditas bahan bakar dan mineral. Ekspor pulp PT OKI Pulp & Paper Mills dikirim langsung dari pelabuhan Tanjung Tapa yang dibangun perusahaan tersebut di pantai Timur Sumatera Selatan.

Ekspor Sumsel selama ini mencakup komoditi karet dan barang dari karet, bahan bakar mineral, bubur kayu/ kertas (pulp), lemak dan minyak hewan/ nabat, kayu, barang dari kayu, buah-buahan, bahan kimia oorganik, pupuk dan lainnya.

Dengan capaian kinerja ekspor tersebut menurut Gadang, penghargaan dari Bea dan Cukai menjadi bukti nyata bahwa iklim investasi yang sehat di Sumatera Selatan khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Ke depan menurut Gadang, PT OKI Pulp & Paper Mills akan terus berusaha meningkatkan kontribusi perusahaan bagi perekonomian Indonesia. “OKI Pulp juga telah mengimplementasikan berbagai inisiatif berkelanjutan dan program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan. Kami berharap dapat terus memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan lingkungan”, katanya. (maspril aries)

× Image