Home > Bisnis

SKK Migas dan Eni Indonesia Berburu Migas di Cekungan Kutai

Survei seismik 3D mencari potensi cadangan migas baru di area terbuka Cekungan Kutai.

Peta Cekungan Kutai
Peta Cekungan Kutai

Kepala Perwakilan Kalimantan-Sulawesi SKK Migas Azhari Idris yang ikut dalam pertemuan tersebut menyampaikan SKK Migas Perwakilan Kalimantan - Sulawesi terhadap rencana survei seismik 3D di Cekungan Kutai.

“Kami dan kontraktor akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan para stakeholders pemerintah dan masyarakat nelayan terutama menyangkut aspek non-technical, melakukan komunikasi dan pemetaan isu-isu sosial di area survei untuk memastikan kegiatan pemerintah dalam usaha mencari sumber cadangan migas yang baru berjalan dengan baik”, katanya.

Sementara itu Koordinator Pengawasan Eksplorasi Migas, Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM Yulianto mengatakan, “Pemerintah senantiasa mendukung kegiatan eksplorasi di wilayah terbuka dan akan selalu bersinergi dengan SKK Migas maupun kontraktor untuk mendapatkan kandidat area potensial menjadi calon wilayah kerja”.

Yulianto mengharapkan seismik 3D bisa berjalan sukses dan mendapatkan hasil sesuai target. “Kontraktor agar berkoordinasi setiap saat dengan SKK Migas, Ditjen Migas dan stakeholders lain”, pesannya.

Survei seismik 3D merupakan upaya pencarian cadangan migas di bawah permukaan bumi menggunakan gelombang seismik, dilakukan dalam rangka eksplorasi daerah prospek hidrokarbon (minyak dan gas bumi).

Cekungan Kutai

Menyebut “Cekungan Kutai” maka akan teringat pada Kabupaten Kutai dan sekitarnya di Provinsi Kalimantan Timur, sebagai salah satu daerah terkaya di Indonesia dengan sumber daya alam yang melimpah. Hidrokarbon dan mineral melimpah di daerah ini.

Secara geogragis Cekungan Kutai terletak pada 3 LU (lintang utara) – 2 LS (lintang selatan), dan 113 – 118 BT (bujur timur). Cekungan Kutai merupakan cekungan dengan luas 165.000 ????????2. Kawasan ini sebelah utara berbatasan dengan Cekungan Tarakan yang dibatasai oleh Busur Mangkalihat. Sebelah selatan berbatasan dengan Cekungan Barito dibatasi oleh Adang Flexure yang berarah barat laut-tenggara. Di bagian barat ada tinggian Kucing dan sebelah timur berbatasan dengan Cekungan Lariang. Ketebalan sedimen antara 1.500 – 12.000 m dan kedalaman cekungan yang mencapai 15.000 m inilah yang membuat Cekungan Kutai kaya dengan akumulasi hidrokarbonnya.

Dari data informasi migas yang ada serta dari berbagai penelitian menyebutkan bahwa Cekungan Kutai merupakan salah satu cekungan terbesar di Indonesia. Cekungan Kutai dikatakan sebagai cekungan terluas dan terdalam di Indonesia yang terletak di pantai timur pulau Kalimantan. Dengan basement adalah batuan kerak benua dan akresi dari mikrokontinen, cekungan berumur tersier ini terbagi atas Cekungan Kutai bagian atas yang berada di bagian barat dan Cekungan Kutai bagian bawah yang posisinya di sebelah timur pulau Kalimantan.

Atau Cekungan Kutai merupakan cekungan tersier di Indonesia dengan ketebalan sedimen yang diendapkan seluas ±60.000 km2 dan mengandung endapan berumur Tersier dengan ketebalan mencapai 15 km.

× Image