Home > News

Sungai Enim Meluap, Kota Wisata Tambang Tanjung Enim Terendam Banjir

Jumlah warga terdampak Banjir di Tanjung Enim atau Kecamatan Lawang Kidul sebanyak 1.703 KK atau 8.385 jiwa.
Tim dari PTBA evakuasi warga korban banjir luapan Sungai Enim. (FOTO: Humas PTBA)
Tim dari PTBA evakuasi warga korban banjir luapan Sungai Enim. (FOTO: Humas PTBA)

KINGDOMSRIWIJAYA, Tanjung Enim – Hujan deras yang turun sejak Kamis (23/5) pada beberapa daerah di Sumatera Selatan (Sumsel) menyebabkan terjadinya banjir. Salah satu daerah yang dilanda banjir ada kota Tanjung Enim di Kabupaten Muara Enim.

Tanjung Enim yang dikembang PT Bukit Asam (PTBA) Tk sebagai kota wisata tambang dilanda banjir akibat luapan Sungai Enim. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim, banjir terjadi akibat intetitas hujan sangat tinggi sehingga menyebabkan meluapnya air Sungai Enim.

Dampak banjir yang mulai terjadi sejak Kamis pukul 03.00 WIB, pemukiman warga di Kelurahan Pasar Tanjung Enim dan sekitarnya terendam yang yang ketinggian lebih dari satu meter.

Warga terdampak akibat luapan Sungai Enim berada di Kecamatan Lawang Kidul yang termasuk wilayah ring 1 BUMN tambang batu bara PTBA. BPBD Muara Enim mencatat sampai Kamis petang (23/5), banjir terjadi di Kelurahan Pasar Tanjung yang terdampak sebanyak 232 KK atau 998 jiwa.

Kemudian di Desa Lingga 1 dan Linggang sekitar lebih 900 KK ata 4.500 jiwa, Desa Keban Agung sebanyak 75 KK atau 450 jiwa, Desa Tegal Rejo RT 11,12 sekitar 550 jiwa, dan Desa Darmo kurang sekitar 30 KK atau 107 jiwa. Total jumlah warga terdampak Banjir di Kecamatan Lawang Kidul sebanyak 1.703 KK atau 8.385 jiwa.

× Image