Home > Politik

Perempuan di Sumsel Ramai-Ramai Menuju Pilkada 2024

Banyaknya perempuan yang bersiap dan menyatakan diri maju menuju Pilkada 2024 di Sumsel adalah potret dari kesetaraan dan keadilan dalam berpolitik.
Shinta Paramita Sari Bakal Calon Bupati Muara Enim yang telah mengambil formulir pendaftaran ke partai politik. (FOTO: IG @shienttaparamita)
Shinta Paramita Sari Bakal Calon Bupati Muara Enim yang telah mengambil formulir pendaftaran ke partai politik. (FOTO: IG @shienttaparamita)

KINGDOMSRIWIJAYA Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak baru akan berlangsung 27 November 2024. Namun jadwal tahapan Pilkada sudah dimulai sejak 27 Februari 2024. Tahapan pendaftaran pasangan calon kepala daerah akan dibuka pada 27 – 29 Agsutus 2024. Untuk pasangan calon perseorangan persyaratan dukungan sudah dimulai sejak 15 Mei 2024.

Selama rentang Februari – Agustus 2024, partai politik di tingkat provinsi dan kabupaten/ kota sudah mulai melakukan penjaringan dengan membuka pendaftaran bakal calon atau kandidat kepala daerah yang akan diusung.

Ada fenomena menarik di Sumatera Selatan (Sumsel), pada masa penjaringan calon kepala daerah oleh partai politik yakni banyak bermunculan bakal calon atau kandidat perempuan yang siap maju menjadi calon kepala daerah atau wakil kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten/ kota.

Dengan menghimpun daftar bakal calon atau kandidat perempuan dari media massa baik cetak dan elektronik ada sejumlah nama yang sudah datang ke kantor partai politik mengambil formulir pendaftaran. Di antara nama-nama yang kerap muncul di media massa ada Fitrianti Agustinda dan Nandriani Octarina (Pilkada Palembang).

Kemudian di kabupaten dan kota lainnya di Sumatera Selatan (Sumsel), ada Murwani Emasrissa Latifah dan Rika Novalina Sungudi (Pilkada Prabumulih), Lidyawati (Pilkada Lahat), Shinta Paramita Sari (Pilkada Muara Enim) Hepy Seftriani (Pilkada Pagaralam) dan Ratna Mahmud (Pilkada Musi Rawas).

Untuk Pilkada Provinsi Sumsel yang juga akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2024 - 2029, media massa menyebut nama Holda anggota DPRD Sumsel (mendaftar bakal calon gubernur) dan nama RA Anita Noeringhati yang menjabat Ketua DPRD Sumsel untuk bakal calon Wakil Gubernur berpasangan dengan Mawardi Yahya (Wakil Gubernur Sumsel 2018 – 2023).

× Image