Home > Budaya

Koleksi Kuno Kesultanan Palembang Darussalam, Ada Jubah SMB II

Selain menjadi nama bandara SMB II dan fotonya terpampang pada uang Rp10.000, Kesultanan Palembang Darussalam menyimpan koleksi kuno, sebuah jubah milik SMB II

SMB IV (tengah) memperlihatkan jubah SMB II sebagai koleksi kuno Kesultanan Palembang. (FOTO: D Oskandar)
SMB IV (tengah) memperlihatkan jubah SMB II sebagai koleksi kuno Kesultanan Palembang. (FOTO: D Oskandar)

Umur jubah SMB II tersebut menurut SMB IV diperkirakan telah berusia antara 200 sampai 300 tahun.

Menurut SMB IV, tidak mengetahui bagaimana jubah tersebut bisa sampai di Kesultanan Palembang Darussalam. “Saya mendapatkannya, warisan dari orang”, ujarnya.

SMB IV menjelaskan, jika dilihat dari motifnya, jubah ini dikenakan pada acara-acara tertentu. “Bukan jubah yang sehari-sehari dipakai Sultan SMB II”.

Jubah SMB II tersebut menurut SMB IV, sampai kini belum ada kajian akademiknya. “Nanti kita akan lakukan kajian sejarahnya serta fungsinya seperti apa?”, ujarnya.

Sultan Mahmud Badaruddin (SMB ) II (23 November 1767 - 26 September 1852) Sultan Palembang yang berkuasa dari 12 April 1804 sepuluh hari setelah ayahnya wafat. Kemudian diasingkan Belanda pada 1 Juli 1821.

Saat lahir namanya, Raden Muhammad Hasan Pangeran Ratu. Dalam masa pemerintahannya, beberapa kali memimpin pertempuran melawan Inggris dan Belanda, di antaranya yang disebut Perang Menteng.

Pada tangga 14 Juli 1821, ketika Belanda berhasil menguasai Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin II dan keluarga diasingkan ke Batavia lalu 1822 ke Ternate. Makamnya ada di Ternate. (D Oskandar)

× Image