Home > Budaya

Kabar Duka Aktor Laga Johan Saimima Meninggal Dunia di Palembang

Film Ganesha yang dibintangi Johan Saimima pengambilan gambar berlokasi di Air Sugihan, Sumatera Selatan (Sumsel).

Shooting di Ari Sugihan

Sebelum menjadi aktof film, Johan Saimima adalah seorang model dan peragawan yang memiliki kemampuan beladiri. Sejumlah film laga yang pernah ia berakting diantaranya berjudul, “Duel Naga Wulung” dan “Ganesha”.

Film “Ganesha” yang diproduksi PT Inem Film tahun 1983 mengangkat nama Johan Saimima sebagai salah satu aktor laga masa itu. Film ini melakukan shooting atau pengambilan gambar berlokasi di Air Sugihan, Sumatera Selatan (Sumsel).

Sinopsis singkat film dengan sutradara Dasri Yacob bercerita tentang seorang Ganesha yang perankan Johan Saimima. Ganesha pemuda asal Air Sugihan yang bekerja menjaga gajah mengadu nasib ke Jakarta. Dalam perjalanan, bus yang ditumpanginya di jalan dibajak. Ganesha berhasil mengatasi para pembajak. Lalu oleh sopir bus, Ganesha diangkat menjadi anak. Selanjutnya cerita berkisah seputar kehidupan di Jakarta.

Dalam film ini juga berperan artis Nina Anwar, Avent Christie, Sri Gudhi Sintara, Syamsuri Kaempuan, Anna Tairas, Eddy Bakar Pare, Henry Leo, Robert C. Santoso, Ronny Wenas, Tanaka, Yan Bastian, Yos Santo, Zaitun, dan Zurmaini.

Setelah tak lagi aktif di dunia akting, Johan Saimima menetap di Palembang bersama istrinya Beby Putri Sriwijaya dan empat orang anak. Kepergiannya pada Ahad (7/4) saat Palembang diguyur hujan lebat menyusul aktor laga 80-an yang Advent Bangun yang meninggal dunia tahun 2018.

Selamat jalan aktor laga Johan Saimima. (maspril aries)

× Image