Home > Eduaksi

Usia 70 Tahun Wartawan Senior Syarifuddin Basrie Raih Gelar Magister Komunikasi

Di tengah rutinitasnya mengelola Agung Post timbul keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.
HM Syarifuddin Basrie (kedua dari kiri) bersama dosen pembimbing Ade Indra (kiri) dan dosen penguji. (FOTO: FB @HM Syarifuddin Basrie)
HM Syarifuddin Basrie (kedua dari kiri) bersama dosen pembimbing Ade Indra (kiri) dan dosen penguji. (FOTO: FB @HM Syarifuddin Basrie)

KINGDOMSRIWIJAYA – Usia lanjut bukan halangan untuk meraih gelar pada jenjang pendidikan tinggi. Ini dibuktikan HM Syarifuddin Basrie seorang wartawan senior yang berhasil meraih gelar sarjana strata dua (S2) atau Magister Ilmu Komunikasi dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Candradimuka, Palembang.

Pada Senin (26/2), Syarifuddin maju untuk menjalani sidang tesis dihadapan penguji Budi Santoso yang menjabat Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka. Di bawah bimbingan Icuk M Sakir dan Ade Indra, mantan wartawan Harian Lampung Post maju ke sidang tesis, dengan tesis berjudul “Strategi Komunikasi Politik Kandidat Pilkades (Studi Kasus Strategi Komunikasi Politik Kandidat Pilkades Desa Tambangan Rembang Tahun 2022)”.

“Alhamdulillah akhirnya selesai juga. Ini perjuangan panjang untuk bisa meraih gelar S2”, kata Syarifuddin Basrie, Selasa (27/2).

Syarifuddin menceritakan, karir sebagai wartawan dimulainya tahun 1982 menjadi wartawan surat kabar terbitan Palembang bernama Suara Rakyat Semesta (SRS). Sebagai wartawan SRS ia pernah ditugas di Kabupaten Bangka dan Kotamadya Pangkalpinang yang sebelum reformasi masih menjadi bagian dari Provinsi Sumtaera Selatan (Sumsel).

Kemudian pada awal tahun 1990 bergabung dengan Harian Lampung Post yang terbit di Bandar Lampung menjadui koresponden untuk wilayah Sumsel. “Waktu itu Pemimpin Redaksi Lampung Syamsul Bahri Nasution”, ujarnya.

Setelah reformasi bergulir Syarifuddin Basrie menerbitkan surat kabar Agung Post yang berpusat di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI). Di tengah rutinitasnya mengelola Agung Post timbul keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

× Image