Home > Budaya

Ulama Thailand Silaturahmi ke Sultan Palembang Cari Tahu Hulu Melayu

Jika orang-orang Malaysia tahu Palembang adalah hulu Melayu maka akan banyak orang-orang yang datang ke sini.

SMB IV bersama tamunya Ustaz Asep Syaifullah Al–Fadani. (FOTO: D Oskandar)
SMB IV bersama tamunya Ustaz Asep Syaifullah Al–Fadani. (FOTO: D Oskandar)

SMB IV juga menjelaskan bahwa Kota Palembang tidak identik dengan Kedatuan Sriwijaya. “Dulunya memangbekas Kedatuan Sriwijaya namun dalam perkembangannya muncul Kerajaan Palembang dan Kesultanan Palembang Darussalam setelahnya”.

Baru setelah mendapat penjelasan, Ustaz Asep Syaifullah Al–Fadani mengerti dan memahami bahwa Palembang dahulu adalah Kerajaan yang besar pada masanya yang ikut mengembangkan Islam di Nusantara. Menurut SMB IV, ke depan Kesultanan Palembang berencana menjalin kerjasama dengan Ustaz Asep Syaifullah Al–Fadani.

Ustaz Asep Syaifullah Al–Fadani menjelaskan bahwa kedatangannya ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam ingin mengetahui sejarah kegemilangan di Palembang.

“Palembang sudah sejak lama dikenal sebagai kota tua, kota asal Melayu Nusantara yang terus berkembang, Asalnya dari sini, ini menjadi kebanggaan semua orang Melayu bukan hanya orang melayu Palembang, karena hulu melayu dari Palembang”. katanya.

Menurut Ustaz Asep Syaifullah, jika orang-orang Malaysia tahu kalau Palembang adalah hulu Melayu maka akan banyak orang-orang yang datang ke Palembang.

“Masih banyak yang belum tahu kalau Palembang adalah hulu Melayu. Masih ada sultannya, SMB IV. Warisanya masih ada di sini, peninggalannya masih ada. Alhamdulilah”, ujarnya. (D Oskandar)

× Image