Home > Wisata

Shinkansen Kereta Cepat Pertama di Dunia sudah 60 Tahun Beroperasi

Sejarah kereta api di Jepang sebagai moda transportasi sudah ada sejak masa Restorasi Meiji. Kereta api atau dalam bahasa Jepang disebut ressha atau densha.

Kereta Nozomi salah satu jenis kereta cepat Shinkansen. (FOTO: Safira Yasmin)
Kereta Nozomi salah satu jenis kereta cepat Shinkansen. (FOTO: Safira Yasmin)

Keempat Kereta Limited Express (特急) Tokkyu, jenis kereta ekspres atau kereta cepat, walaupun tidak secepat Shinkansen, namun kereta ini lebih cepat daripada jenis lokal, rapid, ataupun kereta ekspress. Kereta jenis ini hanya berhenti di stasiun-stasiun besar yang merupakan stasiun utama di Jepang.

Dan kelima, Kereta Super Express (新幹線) Shinkansen adalah kereta tercepat kebanggaan Jepang yang berada di bawah naungan Japan Railway. Kereta ini menggunakan trek dan platform terpisah. Shinkansen tidak bisa dinaiki di sembarang stasiun, karena kereta jenis ini hanya bisa diakses di stasiun tertentu yang menyediakan rute dan platform khusus Shinkansen.

Biasanya, nama stasiun yang menyediakan rute untuk Shinkansen terdapat kata ‘shin’ di depannya. Contohnya Stasiun Shin-Osaka, Shin Asahikawa, Shin-Aomori, dan masih banyak lagi. Shinkansen melaju sangat cepat, jarak Tokyo - Osaka yang biasa ditempuh dalam waktu 7 hingga 8 jam perjalanan darat, bisa ditempuh dalam waktu 3 jam saja. Kecepatan minimal kereta ini sekitar 250 km/jam, dan yang paling cepat hingga 500 km/jam.

Untuk jenis kereta cepat Shinkansen ada Kereta Nozomi kereta paling cepat di jalur Tokaido Sanyo Shinkansen. Kemudian ada Hikari kereta tercepat kedua di jalur Tokaido Sanyo Shinkansen. Tahun 1992 JR mengoperasikan Kereta Nozomi menjadi kereta tercepat mengalahkan Hikari.

Ada Kereta Kodama adalah kereta cepat paling lambat yang akan berhenti di semua stasiun yang ada di sepanjang jalur Tokaido Sanyo Shinkansen. Ada Kereta Mizuho adalah kereta tercepat yang beroperasi di jalur Sanyo Shinkansen, melaju dari Osaka hingga paling jauh ke Kagoshima. Kereta tercepat kedua di jalur Sanyo Shinkansen adalah Sakura yang akan berhenti di lebih banyak stasiun dibandingkan Kereta Mizuho.

Mengutip D.A.N Sriastuti, “Kereta Api Pilihan Utama Sebagai Moda Alternatif Angkutan Umum Massal” (2015) :33). kecepatan kereta ini sebanding dengan harganya. Harga tiket kereta ini lebih mahal dibandingkan dengan tiket kereta lainnya. Ketika naik Shinkansen penumpang harus membayar base fare (basic ticket) dan limited express fare. Bedanya limited express fare yang harus dibayarkan untuk Shinkansen sejumlah 800 Yen sampai 8,000 Yen.

× Image